Cara Blokir Web di Mikrotik Pakai Layer 7 Protokol

Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 16:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Cara Blokir Web di Mikrotik. Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Cara Blokir Web di Mikrotik. Foto: Pixabay.
ADVERTISEMENT
Cara blokir web di mikrotik biasanya dilakukan teknisi sekolah agar siswa tidak mengakses situs tertentu saat jam belajar berlangsung. Dengan begitu, siswa bisa lebih fokus belajar dan tidak terganggu dengan situs yang tidak relevan.
ADVERTISEMENT
Cara blokir website di mikrotik sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai metode. Sebelum itu, mari simak dulu apa itu mikrotik dalam penjelasan berikut.

Apa Itu Mikrotik?

Apa itu Mikrotik? Foto: Pixabay.
Menyadur dari buku berjudul Konfigurasi Dasar Mikrotik Menggunakan Metode GUI & CLI oleh Adnan Tutu, mikrotik adalah sebuah sistem operasi untuk ruter karena sistemnya dapat diinstal pada sebuah komputer maupun routerboard.
Mikrotik dikembangkan MikroTikls, perusahaan di Riga, Latvia pada 1995. Dari awal berdiri hingga sekarang, perusahaan ini memberikan layanan ke banyak ISP nirkabel untuk bisa mengakses Internet di banyak negara, termasuk Indonesia.
Sampai sekarang, mikrotik menjadi salah satu metode alternatif yang bisa digunakan untuk mengakses layanan Internet. Sistem operasi ini memiliki fitur yang bisa dipakai untuk membangun sebuah sistem jaringan komputer dari skala kecil hingga besar.
ADVERTISEMENT
Mikrotik sendiri memiliki banyak fungsi, yaitu sebagai Internet gateway, sebagai access point, hingga sebagai router untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer.
Dikutip dari buku Jaringan Komputer Menggunakan Mikrotik Router OS oleh Indra Laksmana, dkk., mikrotik yang berfungsi sebagai ruter memiliki berbagai fitur, salah satunya Manajemen Pengguna.
Fitur ini berfungsi mengatur hak akses setiap user yang terdaftar di sistem mikrotik. User mikrotik terdiri dari pengguna dan administrator. User dengan status Administrator inilah yang bisa memblokir situs web sesuai keinginan.

Cara Blokir Web di Mikrotik

Ilustrasi cara blokir web di mikrotik. Foto: Pixabay.
Seperti yang disebutkan sebelumnya ada banyak cara blokir web di Mikrotik. Pada artikel ini, How To Tekno akan berbagi tutorial blokir web di mikrotik menggunakan Layer 7 Protokol.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman A10, layer 7 protokol adalah fitur yang ada pada firewall mikrotik dengan metode pencarian menggunakan pola melewati jalur ICMP, TCP, dan UCP. Konfigurasi Layer 7 protokol ini menggunakan RegExp untuk melakukan filter.
Tujuan dari penyaringan ini adalah membatasi akses konten seperti situs, ekstensi tertentu, dan lainnya. Berikut cara blokir web di mikrotik dengan Layer 7 Protokol yang dirangkum dari buku Mikrotik MTCNA Teacher oleh M. Sigit Laksono.
ADVERTISEMENT
Demikian cara blokir web di mikrotik menggunakan fitur Layer 7 Protokol. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!
(IPT)