Tekno & Sains
·
10 Juni 2021 15:19
·
waktu baca 2 menit

Cara Cek DA PA: Pengertian dan Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Cek DA PA: Pengertian dan Penjelasannya (32156)
Ilustrasi cek performa website. Foto: 200 Degrees via Pixabay
Terdapat banyak cara cek DA PA untuk melihat performa website atau blog kamu. Setelah melakukan cek DA dan PA, kamu bisa meningkatkan ranking website kamu.
ADVERTISEMENT
Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) merupakan salah satu dari otoritas SEO. Domain Authority dan Page Authority dikembangkan oleh MOZ.
Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai apa itu DA PA dan bagaimana cara mengeceknya. Simak penjelasannya di bawah ini:

Pengertian DA PA

Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) memiliki pengertian yang berbeda. Mengutip laman MOZ, DA mengukur peringkat seluruh domain website.
Sementara itu, PA lebih mengukur mengenai satu halaman di website. Meski begitu, perhitungan metrik keduanya menggunakan metodologi yang sama.
1. Domain Authority (DA)
DA merupakan skor peringkat mesin pencarian. Tujuan dari DA sendiri adalah agar mengetahui nilai kemungkinan sebuah website untuk memperoleh peringkat di halaman mesin pencarian.
ADVERTISEMENT
Skor hasil cek DA ini adalah antara 1 hingga 100. Semakin tinggi skor yang diperoleh, maka semakin tinggi pula kemungkinan peringkat yang diperoleh website tersebut.
Peringkat ini menunjukkan seberapa besar website tersebut dipercaya dan berkualitas tinggi.
Perhitungan DA juga melibatkan beberapa faktor. Sejak awal 2019, perhitungan DA mengacu dari seberapa sering Google menggunakan domain website tersebut.
2. Page Authority (PA)
PA adalah skor yang menghitung peringkat suatu halaman tertentu di sebuah website. Skornya berkisar dari 1 hingga 100 dan semakin tinggi akan semakin baik.
Sama halnya dengan DA, PA juga menggunakan perhitungan yang mengacu dari seberapa sering halaman tersebut muncul di mesin pencarian Google.
MOZ terus memperbarui algoritma perhitungan mereka, sehingga kemungkinan nilai PA akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu.
ADVERTISEMENT
Saat mengetahui kemungkinan skor PA, maka kamu bisa menentukan apa saja konten yang bisa ditingkatkan agar lebih baik dari kompetitor.

Cara Cek DA PA Blog

Cara cek DA PA tidaklah sulit. Kamu bisa menggunakan pihak ketiga untuk membantu melihat skor DA PA, yaitu hanya dengan memasukkan link website yang ingin dicek skornya.
Mengutip laman ContentKing, berikut ini adalah rekomendasi website yang bisa kamu gunakan untuk cara meningkatkan DA PA blog:
1. MOZ
Cara Cek DA PA: Pengertian dan Penjelasannya (32157)
Ilustrasi tampilan MOZ. Foto: MOZ
MOZ merupakan pengembang skor DA PA. Nantinya, situs ini akan memperlihatkan skor kemungkinan DA PA MOZ.
Selain itu, MOZ juga tersedia di halaman hasil pencarian, sehingga kamu bisa membandingkan korelasi skor DA PA dengan kemungkinan website yang menduduki peringkat awal halaman pencarian.
ADVERTISEMENT
2. Ahrefs
Cara Cek DA PA: Pengertian dan Penjelasannya (32158)
Ilustrasi tampilan Ahrefs. Foto: Ahrefs
Ahrefs merupakan perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Singapura. Ahrefs biasa digunakan untuk meningkatkan nilai SEO.
Ahrefs menggunakan istilah URL Rating (UR) dan Domain Rating (DR) untuk menunjukkan skor DA PA. Skala skor yang digunakan Ahrefs adalah 0 hingga 100.
3. Majestic
Cara Cek DA PA: Pengertian dan Penjelasannya (32159)
Ilustrasi tampilan Majestic. Foto: Majestic
Sama seperti Ahrefs dan MOZ, Majestic juga merupakan alat yang dipercaya untuk mengetahui skor SEO, DA, dan PA. Majestic memungkinkan kita untuk melihat kinerja website.
Skor perhitungan Majestic dihitung secara eksklusif berdasarkan kualitas dan kuantitas tautan masuk.
Istilah yang digunakan Majestic adalah 'Trust Flow' dan 'Citation Flow' dengan hasil skor antara 0 hingga 100.
Kini cara cek DA PA cukup simpel. Saat kamu sedang mengembangkan sebuah website, maka sangat penting untuk mengetahui skor DA PA secara berkala.
ADVERTISEMENT
(NSF)