Cara Daftar Adobe Stock Contributor, Halaman untuk Jual Hasil Foto

Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 12:24 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Adobe Stock. Foto: Adobe
zoom-in-whitePerbesar
Adobe Stock. Foto: Adobe
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada beragam situs pengunduhan tepercaya yang bisa kamu pilih untuk mengakses stok foto dan video, salah satu yang populer adalah situs Adobe Stock. Program yang menampung creator foto dan ilustrasi dari berbagai kreator.
ADVERTISEMENT
Dengan Adobe Stock, para kreator memungkinkan mendapatkan royalti dan penghasilan dari setiap penjualan foto maupun ilustrasi tersebut. Lantas, bagaimana cara daftar Adobe Stock Contributor? Di dalam artikel ini, How to Tekno akan menjelaskan cara selengkapnya.

Cara Daftar Adobe Stock Contributor

Adobe Stock Contributor. Foto: Adobe
Berbagai jenis media bisa diakses dengan mudah melalui Adobe Stock, mulai dari foto HD, video, audio, desain 3D, dan masih banyak lagi.
Kontributor media ini dibuat oleh kreator dan diunggah ke Adobe Stock. Ketika konten diunduh oleh pengguna Adobe Stock, kontributor akan menerima royalti berdasarkan lisensi yang dibeli.
Untuk menjadi kontributor Adobe Stock, sang kreator perlu mengunggah karya mereka dan memenuhi syarat maupun panduan kualitas yang ditetapkan oleh Adobe. Setelah itu, sang kreator bebas mengunggah hasil karya yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah langkah-langkah mendaftar Adobe Stock Contributor untuk para fotografer, kreator, maupun desainer.

1. Daftar sebagai Kontributor Adobe Stock

Adobe Stock Contributor. Foto: Adobe
Langkah pertama adalah mendaftar terlebih dahulu. Kamu memerlukan Adobe ID untuk mendaftar sebagai kontributor Adobe Stock. Dengan mengunjungi situs web Adobe dan memilih tombol "Create an Adobe ID", kamu dapat membuat Adobe ID jika belum memilikinya.
Setelah membuat akun Adobe, kamu dapat mendaftar sebagai kontributor di Adobe Stock.

2. Buka Halaman Sell

Selanjutnya, buka halaman sell. Caranya, kunjungi situs web Adobe Stock dan klik tab "Sell" di menu atas. Terima syarat dan ketentuan, lalu buat akun kontributor.
Sebelum mulai mengunggah foto, pergi ke dasbor kontributor dan klik tab "Upload". Kemudian, pilih foto yang ingin kamu unggah dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan prosesnya.
ADVERTISEMENT
Adobe Stock memiliki persyaratan tertentu untuk jenis foto yang diterimanya, jadi pastikan kamu membaca panduan sebelum mengunggah gambar ke situs Adobe Stock tersebut.

3. Pahami Metadata Foto

Setelah kamu mengunggah foto, kamu juga perlu menambahkan metadata. Isi dari metadata adalah informasi dan keterangan mengenai foto yang diunggah. Ada informasi yang meliputi judul media, deskripsi, kata kunci, dan kategori.
Buka dasbor kontributor dan klik tab "Metadata". Lalu, pilih foto yang ingin kamu tambahkan metadata dan isi bidang yang ada.
Gunakan kategori yang tepat agar kelak hasil foto kamu mudah ditemukan oleh para pengguna yang membutuhkannya.
Adobe Stock akan meninjau karyamu dalam waktu beberapa minggu, maksimal 8 minggu. Karya yang disetujui akan muncul di Adobe Stock dan tersedia untuk diperjualbelikan.
ADVERTISEMENT
(SLT)