Tekno & Sains
·
14 September 2021 19:35
·
waktu baca 2 menit

Cara Edit Foto Aesthetic, Coba Pakai Aplikasi Ini

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Edit Foto Aesthetic, Coba Pakai Aplikasi Ini (999552)
searchPerbesar
Ilustrasi foto menggunakan hp (Foto: Pixabay)
Cara edit foto aesthetic merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para anak muda kekinian, yaitu menambahkan objek 'keindahan' di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Umumnya, kebanyakan orang ingin memiliki foto yang aesthetic. Untuk memaksimalkannya, mereka akan menggunakan HP atau smartphone dengan kamera yang jernih.
Kamu tidak perlu berkecil hati, karena kualitas kamera tidak menentukan hasil atau kualitas foto. Jika kamu menggunakan HP dengan spek 'kentang', maka masih tetap bisa menghasilkan foto estetik. Tak perlu menunggu lama, cara edit foto aesthetic dengan mudah:

1. Cara Edit Foto Aesthetic di VSCO

Cara Edit Foto Aesthetic, Coba Pakai Aplikasi Ini (999553)
searchPerbesar
Logo VSCO (Foto: vsco.co)
Cara Edit Foto Aesthetic, Coba Pakai Aplikasi Ini
Cara edit foto aesthetic dapat kamu lakukan melalui aplikasi VSCO dan Adobe Lightroom. Untuk menghasilkan foto yang bagus, kamu harus memperhatikan beberapa aturannya terlebih dahulu.
1. Unduh Aplikasi VSCO di HP
Pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi VSCO yang tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store. VSCO sendiri sudah populer sejak 2013 lalu dan menjadi aplikasi edit foto terbaik.
2. Gunakan Preset yang Tidak Terlalu Mencolok
Untuk menghasilkan foto estetik, kamu hanya perlu menggunakan preset yang tidak terlalu mencolok. Misalnya, kamu menggunakan preset C6 atau E2.
3. Pakain Grain Supaya Terlihat Estetik
Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan 'grain' agar lebih terkesan menggunakan kamera analog. Jika dirasa foto kamu kurang terang atau gelap, maka bisa mengaturnya sesuai keinginan.

2. Cara Edit Foto Aesthetic di Lightroom

Cara Edit Foto Aesthetic, Coba Pakai Aplikasi Ini (999554)
searchPerbesar
Ilustrasi tampilan Adobe Lightroom (Foto: iDownloadBlog)
Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Adobe Lightroom yang paling banyak digunakan saat ini. Nantinya, kamu bisa leluasa dalam mengedit exposure, contrart, hightlights, shadows, dan lainnya.
Jika tidak ingin kerepotan dengan hasil yang ada, maka tinggal menggunakan preset yang bisa kamu dapatkan. Perlu diingat, kamu harus membeli preset tersebut dengan cara legal dan resmi.
ADVERTISEMENT

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Edit Foto Estetik

Cara Edit Foto Aesthetic, Coba Pakai Aplikasi Ini (999555)
searchPerbesar
Ilustrasi mengambil foto estetik, (Pexels/Burak Kebapci)
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kualitas kamera yang bagus belum tentu dapat menghasilkan foto estetik. Sebab, hal itu membutuhkan perhitungan atau trik tertentu saat ingin mengedit foto. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Gunakan Pencahayaan yang Alami

Pencahayaan merupakan hal yang paling penting saat mengambil foto. Jadi, kamu harus memperhatikan pencahayaan yang ada di sekitar kamu.
Pencahayaan yang bagus dan alami dapat membuat foto terlihat estetik dan jelas. Lalu, waktu yang pas untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang alami adalah pagi hari atau sekitar pukul 09.00 WIB.
Lalu, waktu yang tepat adalah sore hari sebelum matahari terbenam, di mana jam tersebut kamu bisa mendapatkan momen sunset.
ADVERTISEMENT

2. Perhatikan Komposisi Warna

Sebelum mengambil foto estetik, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu warna apa yang ingin kamu sorot agar tidak terlalu banyak warna. Komposisi warna sangatlah penting, karena dengan warna yang tepat, foto bangunan saja bisa terlihat estetik.
Jadi, carilah warna yang pas dengan mood yang ingin kamu gambarkan di foto tersebut. Lalu, kamu bisa memilih warna yang hangat, dingin, atau pun netral.
Sedangkan untuk proses pengeditan foto, jangan terlalu berlebihan saat menggunakan filternya. Kamu bisa menyesuaikannya dengan fotomu.
Itulah beberapa cara edit foto aesthetic lewat VSCO dan Adobe Lightroom. Dengan aplikasi tersebut, kamu akan mendapatkan foto yang estetik.
(HDZ)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white