Konten dari Pengguna

Cara Ganti Password WiFi Tenda, Begini Langkah-langkahnya

5 Desember 2023 13:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara ganti passwrod WiFi Tenda. Foto: twitter.com/tendaoffcial
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara ganti passwrod WiFi Tenda. Foto: twitter.com/tendaoffcial
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara ganti password WiFi Tenda bisa melalui alamat web ruter ini. Mengganti kata sandi atau password WiFi penting dilakukan untuk menghindari kebocoran yang bisa membuat kecepatan jaringan berkurang.
ADVERTISEMENT
Artikel ini akan membagikan cara ganti password WiFi Tenda yang bisa diikuti pengguna. Sebelumnya, How To Tekno akan menjelaskan apa itu WiFi Tenda terlebih dahulu.

Sekilas tentang WiFi Tenda

Ilustrasi cara ganti passwrod WiFi Tenda. Foto: Shutterstock
Dirangkum dari tendacn.com, Tenda adalah teknologi pemasok perangkat dan peralatan jaringan yang didirikan sejak 1999. Perusahaan ini adalah produsen ruter dan perangkat jaringan nirkabel pertama di Tiongkok yang menggabungkan R&D, manufaktur, dan penjualan secara bersama-sama.
Berbagai produk dari Tenda meliputi jaringan rumah, jaringan bisnis, switch, CPE broadband, gateway, saluran listrik, broadband seluler, kamera IP, dan lainnya.
Tenda juga memiliki produk ruter WiFi yang bisa memasok kebutuhan Internet rumahan, seperti WiFi 7 Routers TE60 Pro, WiFi 6 Routers TX27 Pro, dan lainnya.
ADVERTISEMENT

Cara Ganti Password WiFi Tenda

Ilustrasi cara ganti passwrod WiFi Tenda. Foto: tendacn.com
Berdasarkan buku Pendidikan dalam Perspektif Post Modernisme terbitan KENCANA pada 2021, WiFi adalah teknologi jaringan Internet nirkabel atau tak menggunakan kabel dalam pengaplikasiannya.
Umumnya, WiFi dilengkapi kata sandi untuk meningkatkan keamanan, sehingga yang bisa mengaksesnya hanya orang yang mengetahui kata sandi. Sebab, semakin banyak perangkat yang tersambung ke WiFi tersebut, kecepatan jaringan akan berkurang.
Sebagai pemilik WiFi Tenda, pengguna harus mengetahui cara mengganti kata sandinya. Dikutip dari tendacn.com, berikut cara ganti password WiFi Tenda melalui web ruter:

1. Akses Web Ruter Tenda

Sebelum masuk ke web ruter, pastikan perangkat terhubung ke Internet WiFi Tenda yang akan diganti kata sandinya. Kemudian, akses halaman web ruter Tenda dengan memasukkan alamat 192.168.0.1 melalui peramban di perangkat yang digunakan.
ADVERTISEMENT

2. Login Web Ruter Tenda

Selanjutnya, masukkan kata sandi yang sesuai lalu pilih bahasa untuk memudahkan proses mengubah kata sandi. Kata sandi bisa dicek di bagian bawah ruter Tenda bila pengguna belum pernah mengubahnya.
Apabila pengguna lupa kata sandi web ruter, ketuk tulisan 'Forget your password?' dan ikuti petunjuknya hingga berhasil masuk.

3. Ganti Kata Sandi

Setelah berhasil masuk ke halaman utama web ruter Tenda, ketuk 'Wireless Settings' di bagian kiri. Kemudian, ubah kata sandi Tenda di bagian 'WiFi Password'. Untuk menyimpan perubahan kata sandi, ketuk tombol 'OK' di bagian kanan bawah.

4. Kata Sandi Berhasil Diubah

Kata sandi berhasil diubah, WiFi akan dinonaktifkan beberapa detik. Pengguna bisa menghubungkan ke WiFi Tenda dengan memasukkan kata sandi baru.
(NSF)