Cara Hilangkan Saluran di Status WA, Cek Informasinya di Sini

Konten dari Pengguna
18 September 2023 14:32 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Fitur saluran WhatsApp. Foto: blog,whatsAp.com.
zoom-in-whitePerbesar
Fitur saluran WhatsApp. Foto: blog,whatsAp.com.
ADVERTISEMENT
Cara hilangkan saluran di status WA bisa disimak pada artikel ini. WhatsApp resmi meluncurkan fitur baru bernama Channel atau saluran di status WA. Fitur ini bisa ditemukan dalam pembaruan WhatsApp yang menggantikan menu Status.
ADVERTISEMENT
Fitur Saluran dirancang untuk menerima informasi terkini dari organisasi atau orang-orang secara langsung yang ada di aplikasi pesan instan tersebut. Namun, bagaimana jika pengguna sudah membuat saluran dan ingin menghilangkannya?
Simak cara hilangkan saluran di status WA pada artikel ini hingga selesai. How To Tekno juga akan berbagi langkah-langkahnya secara lengkap.

Tentang Saluran WhatsApp

Tentang saluran WhatsApp, Foto: about.fb.com
Menurut blog.whatsapp.com, fitur saluran WhatsApp merupakan fitur siaran satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling.
Saluran WhatsApp tak hanya bisa diakses di WhatsApp biasa tetapi juga di WhatsApp Business. Pengguna juga bisa menemukan Saluran sesuai minat mulai dari hobi, tim olah raga, media lokal maupun internasional, hingga informasi terbaru dari otoritas setempat.
ADVERTISEMENT
Aplikasi pesan instan milik Meta tersebut juga akan melindungi privasi admin dan pengikutnya. Setiap nomor telepon dan profil Admin Saluran tak akan ditampilkan. Isi pesan yang dikirim akan terhapus secara otomatis setelah 30 hari.

Cara Hilangkan Saluran di Status WA

Ilustrasi cara hilangkan saluran di status WA. Foto: YouTube WhatsApp.
Ada berbagai alasan pengguna ingin menghapus saluran yang sudah dibuat. Menurut networkbuildz.com, di antaranya saluran sudah memenuhi tujuan dan tak diperlukan lagi. Karena itu pengguna ingin menyederhanakan aktivitas komunikasi yang dilakukan.
Selain itu, ada kemungkinan pengguna ingin fokus pada saluran yang lebih sedikit. Dirangkum dari Pusat Bantuan WhatsApp, berikut cara hilangkan salruan di status WA yang bisa diikuti.

1. Buka Tab Pembaruan WhatsApp

Buka aplikasi pesan WhatsApp pada ponsel. Selanjutnya buka tab ‘Pembaruan’. Pada tab ini, pengguna akan menemukan daftar saluran yang diikuti atau dikelola.
ADVERTISEMENT

2. Pilih Saluran yang ingin Dihilangkan

Gulir daftar untuk menemukan saluran yang ingin dihapus. Ketuk atau klik untuk membuka antarmuka saluran tersebut.

3. Temukan opsi Hapus Saluran

Ketuk atau klik nama saluran yang terletak di bagian atas layar untuk membuka pengaturan saluran. Gulir ke bawah kemudian klik ‘Hapus Saluran’.

4. Konfirmasi

Masukkan nomor telepon untuk mengonfirmasi kemudian ketuk dan klik Hapus. Setelah berhasil, pengguna melihat pesan ‘Anda Menghapus Saluran’ di tab Pembaruan.
Perlu diingat menghilangkan atau menghapus saluran akan bersifat permanen. Ketika pengguna menghapus saluran, admin atau pengguna tak dapat mengunggah pembaruan baru apa pun di saluran tersebut.
Pengikut saluran masih bisa melihat pembaruan lama. Selain itu, saluran tersebut sudah tak bisa lagi ditemukan pada hasil Penelusuran. Jika berisi media, pengguna mungkin masih memiliki media yang diunduh dan disimpan di penyimpaan lokal.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut informasi yag diteruskan di antara pengguna WhatsApp atau dibagikan ke luar platform tak akan terhapus.
(IPT)