Cara Install Driver Wi-Fi Windows 10 dengan Mudah

Konten dari Pengguna
2 Februari 2024 15:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi install driver Wi-Fi. Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi install driver Wi-Fi. Foto: unsplash
ADVERTISEMENT
Driver Wi-Fi Windows 10 sangat berguna untuk adaptor jaringan wireless dari perangkat dengan Windows 10. Apabila Anda sedang mencari informasi tentang cara memasang software tersebut, artikel How To Tekno ini akan memberikan Anda panduan menginstal driver Wi-Fi Windows 10 dengan mudah.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari laman Mini Tool, driver Wi-Fi menjadi komponen yang sangat krusial pada komputer. Software ini memungkinkan komputer untuk berinteraksi dengan adaptor jaringan nirkabel. Driver Wi-Fi berfungsi layaknya jembatan antara hardware jaringan nirkabel dengan sistem operasi.

Sekilas tentang Driver Wi-Fi

Ilustrasi Wi-Fi. Foto: unsplash
Lalu apa yang terjadi jika driver Wi-Fi ini tidak terpasang dengan benar pada komputer Anda? Kemungkinan besar adaptor wireless pada perangkat juga tidak akan berfungsi dengan semestinya. Hal tersebut menyebabkan banyak masalah, seperti komputer yang tidak dapat terhubung dengan jaringan Wi-Fi, sambungan Wi-Fi yang terputus-putus, hingga adaptor wireless itu sendiri yang gagal dihidupkan.
Laman The Windows Club menuliskan, driver Wi-Fi ini berisi semacam instruksi khusus untuk sistem operasi komputer tentang cara mengontrol adaptor wireless. Saat pengguna memperbarui sistem operasi, terkadang driver yang terpasang sebelumnya menjadi tidak kompatibel dengan versi baru Windows. Dalam kasus ini, pengguna mungkin akan kehilangan koneksi jaringan sesaat setelah memperbarui sistem operasi perangkatnya.
ADVERTISEMENT

Cara Install Driver Wi-Fi Windows 10

Ilustrasi install driver Wi-Fi. Foto: unsplash
Apabila Anda mengalami masalah dengan koneksi Wi-Fi pada komputer, terutama setelah melakukan upgrade Windows, salah satu solusi potensialnya adalah menginstal ulang driver Wi-Fi. Proses dari pemasangan ulang driver Wi-Fi ini juga tidak terlalu rumit, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Identifikasi Nama dan Model Adaptor Wireless

Ilustrasi menu Device Manager. Foto: The Windows Club
Anda dapat menemukan informasi nama dan model dari adaptor jaringan nirkabel pada menu “Device Manager”. Klik kanan pada tombol “Start” atau ikon Windows dan kemudian tekan “Device Manager”. Tekan “Network adapters” dan cari entri yang memiliki aspek “Wireless” pada namanya, misal “Intel(R) Wireless-AC 9560”.

2. Unduh Driver Wi-Fi terbaru dari Situs Resmi

Pada situs resmi produsen adaptor wireless, misalnya Intel, Anda dapat mencari driver Wi-Fi terbaru untuk perangkat Anda. Produsen biasanya sering merilis pembaruan driver untuk memperbaiki bug, meningkatkan performa, dan menambahkan fitur baru. Pastikan Anda mengunduh driver yang sesuai dengan versi dan tipe sistem Windows 10 Anda, antara 32-bit atau 64-bit.
ADVERTISEMENT

3. Hapus Driver WiFi Lama

Sebelum memperbarui driver Wi-Fi, Anda perlu untuk mencopot terlebih dahulu driver Wi-Fi yang terpasang saat ini. Anda dapat kembali pada bagian “Network adapters” di menu “Device Manager”. Jika sudah masuk pada laman “Device Manager”, klik kanan pada entri driver wireless dan pilih “Uninstall device”.
Setelah itu, akan muncul kotak dialog konfirmasi. Centang checkbox bertuliskan “Delete driver software for this device” dan klik tombol “Uninstall”. Seusai proses ini, Anda juga perlu untuk menyalakan ulang komputer untuk menghindari masalah pada driver di kemudian hari.

4. Install Driver Wi-Fi Terbaru

Anda dapat menginstal driver terbaru dengan cara menjalankan file-nya yang biasanya tersimpan di folder “Download”. Ikuti semua instruksi pada pembaruan. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk melakukan reboot pada komputer untuk menyelesaikan instalasi driver.
ADVERTISEMENT

5. Verifikasi Instalasi Driver Wi-Fi Terbaru

Ilustrasi Properties entri driver wireless. Foto: The Windows Club
Anda juga perlu memastikan apakah instalasi berhasil. Buka kembali bagian “Network adapters” di menu “Device Manager” dan klik kanan pada entri driver wireless. Pilih “Properties” dan lihat nomor versi pada tab “Driver”. Pastikan nomor versi tersebut sudah sesuai dengan nomor versi driver yang unduh tadi.
Penting untuk dicatat, ketika Anda menginstal ulang driver Wi-Fi, Windows akan menghapus semua kata sandi jaringan Wi-Fi yang disimpan. Oleh karena itu, Anda harus memasukkan kembali kata sandi untuk terhubung ke jaringan wireless.
(DSY)