Cara Mematikan PS4 dengan Berbagai Cara, Cek di Sini!

Konten dari Pengguna
9 Juni 2023 11:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mematikan PS4. Foto: JÉSHOOTS/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mematikan PS4. Foto: JÉSHOOTS/Pexels
ADVERTISEMENT
Cara mematikan PS4 penting diketahui agar konsol gim tersebut tetap memiliki performa yang baik. Ada berbagai metode mematikan PlayStation 4, yakni dengan pengontrol gim dan tanpa alat tersebut.
ADVERTISEMENT
Di artikel ini akan dijabarkan cara mematikan PS4 yang bisa diikuti pengguna. Sebelumnya, akan dijelaskan mengenai konsol gim milik Sony ini dan cara mengaktifkannya.

Ulasan Singkat tentang PlayStation 4

Ilustrasi cara mematikan PS4. Foto: EVG Kowalievska/Pexels
PlayStation 4 (PS4) dirilis akhir 2013 sebagai bagian dari generasi kedelapan konsol video gim. PS4 hadir dengan spesifikasi dan fitur yang lebih ditingkatkan dari seri sebelumnya, yaitu PS3 dan PS2.
Dirangkum dari lifewire.com, saat peluncurannya, PS4 menghadirkan dua model berbeda, yaitu Slim dengan bingkai lebih kecil dan Pro yang menawarkan tenaga lebih besar. Konsol gim ini memungkinkan pemain melakukan streaming gim dan mengunggahnya ke media sosial langsung.
Peningkatan konsol gim ini juga dapat dilihat dari pengontrolnya yang menggunakan DualShock 4. Pengontrol PlayStation 4 dapat diisi ulang dan dilengkapi tombol bagikan di dalamnya. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengunggah tangkapan layar gim secara langsung.
ADVERTISEMENT
Tak hanya dapat menggunakan DualShock4, pengguna dapat bermain PS4 dengan ponsel cerdas, tablet, dan konsol PlayStation Vita.

Cara Menyalakan PS4

Ilustrasi cara mematikan PS4. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Disadur dari manuals.playstation.net, ada dua cara menyalakan PS4, yaitu dengan menekan tombol daya pada konsol gim dan menekan tombol berlogo PS pada pengontrol yang terpasang.
Ketika indikator daya pada konsol gim berkedip biru dan berubah menjadi putih, artinya sistem pada konsol gim tersebut sudah aktif. Selanjutnya, pengguna dapat mulai menggunakan PS4 untuk bermain gim.

Cara Mematikan PS4

Ilustrasi cara mematikan PS4. Foto: Jeshoots.com/Pexels
Pengguna yang sudah selesai bermain gim PS4 bisa menonaktifkan konsol tersebut agar tetap memiliki performa yang baik. Dikutip dari howtogeek.com, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mematikan PS4. Berikut petunjuknya:
ADVERTISEMENT

1. Dengan Pengontrol lewat Power Menu

Metode pertama adalah menggunakan pengontrol lewat Power Menu. Di bawah ini langkah-langkahnya:

2. Dengan Pengontrol lewat Quick Menu

Selain cara di atas, pengguna dapat mematikan PS4 dengan pengontrol lewat Quick Menu. Ini langkah-langkahnya:

3. Tanpa Pengontrol

Pengguna bisa mematikan PS4 tanpa pengontrol dengan cara menekan dan menahan tombol di konsol kurang lebih selama tujuh detik. Ketika mendengar bunyi bip kedua, lepaskan tombol tersebut dan konsol PS4 akan mati.
ADVERTISEMENT
(NSF)