Cara Membuat Filter Instagram, Bisa Dilakukan Sendiri!

Konten dari Pengguna
4 Agustus 2021 19:12
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Filter Instagram, Bisa Dilakukan Sendiri! (50883)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Insta Story. Foto: Shutterstock
Cara membuat filter Instagram bisa dilakukan lewat aplikasi Spark AR Studio Setelah membuat filter di aplikasi tersebut, kamu bisa mengunggahnya di Instagram dan bisa digunakan oleh seluruh pengguna Instagram.
ADVERTISEMENT
Saat ini, sudah banyak filter Instagram Stories yang bisa kamu coba. Filter yang biasa kamu gunakan di Instagram merupakan filter augmented reality (AR).
Mengutip dari Hootsuite, filter AR merupakan sebuah efek yang dihasilkan komputer berlapis di atas gambar yang muncul di kamera. Pada Instagram Stories, filter AR mampu mengubah tampilan selfie mulai dari kamera depan hingga belakang.
Jika kamu ingin membuat filter AR milikmu sendiri di Instagram, maka bisa menggunakan aplikasi Spark AR. Berikut ini adalah bagaimana cara membuat filter Instagram sendiri.

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri

Supaya kamu lebih mahir, simak tutorial cara membuat filter Instagram menggunakan aplikasi Spark AR Studio:
Cara Membuat Filter Instagram dengan Spark AR Studio
Cara membuat filter Instagram bisa dilakukan sendiri. Kamu dapat menggunakan aplikasi bernama Spark AR Studio. Ikuti caranya di bawah ini:
1. Unduh Spark AR Studio di Laptop
Unduh Spark AR terlebih dahulu dan instal di perangkatmu. Spark AR bisa digunakan pada Mac dan Windows. Klik 'Create New', kemudian kamu bisa membuat filter dari awal atau menggunakan template yang disediakan oleh Spark AR.
2. Tambahkan Face Tracker
Selanjutnya, tambahkan Face Tracker di proyek kamu untuk mendeteksi posisi dan orientasi wajah. Klik tombol 'Add Object' dan pilih 'Face Tracker'. Setelah itu, klik tombol 'Insert'. Setelah memilih Face Tracker, kamu akan melihat sumbu yang bergerak mengikuti wajah. Selanjutnya, tambahkan face mesh atau model 3D yang merespons ekspresi wajah hasil lacak face tracker sebelumnya. Caranya, klik kanan 'Face Tracker' dan pilih 'Add'. Kemudian, pilih 'Face Mesh'.
3. Membuat Material untuk Filter Instagram
Sekarang waktunya membuat material untuk filter Instagram. Pada panel sebelah kanan, klik logo '+' di samping material agar dapat membuat material baru. Buatlah sesuai keinginanmu. Kamu bisa mengganti nama, menambah gambar, mengubah warna, opacity, brightness, dan lainnya. Tes filter kamu dengan mengirimnya ke Instagram atau Facebook untuk melihat apakah filter Instagram yang baru saja kamu buat bekerja dengan baik atau tidak. Kamu juga bisa mencobanya lewat aplikasi Spark AR Player.
4. Klik tombol 'Upload'
Jika sudah sesuai keinginan, maka klik tombol 'Upload' di sudut kiri bawah. Filter ini tidak akan langsung dipublikasi oleh pihak Instagram, karena mereka akan meninjaunya terlebih dahulu. Setelah proses peninjauan selesai, kamu bisa mencoba filter baru di Instagram-mu.

Keuntungan Cara Membuat Filter Instagram dengan HP atau Laptop

Cara Membuat Filter Instagram, Bisa Dilakukan Sendiri! (50884)
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan filter Flying Face di Instagram Stories. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Cara untuk membuat filter Instagram memiliki beberapa keuntungan. Jika kamu adalah seorang pengusaha, maka bisa membuat filter untuk membantu mempromosikan produkmu.
ADVERTISEMENT
Bahkan, beberapa pengguna yang mencoba filter yang kamu buat secara tidak langsung telah membantu untuk mempromosikan produk jualanmu ke orang lain.
Ada banyak brand besar yang menerapkan cara ini untuk membantu mempromosikan produknya, salah satunya adalah Coca Cola.
Filter AR merupakan fitur baru, sehingga belum ada brand lain yang menggunakannya. Kamu bisa membuat filter AR untuk pelanggan agar dapat mencoba produk secara virtual.
Jika tujuanmu adalah untuk promosi, maka pastikan untuk menambahkan logo merek agar semua orang yang melihat filter tersebut mengetahuinya.
Itulah cara membuat filter Instagram lewat Spark AR Studio. Kamu bisa meningkatkan penjualan produkmu dengan membuat filter Instagram.
(NSF)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020