Konten dari Pengguna

Cara Membuat Garis Kop Surat di Word dengan Mudah

28 Oktober 2022 14:41 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi membuat kop surat di Word. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat kop surat di Word. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara membuat garis kop surat di Word dapat dilakukan dengan mudah dan tak lama. Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word menyediakan beragam fitur untuk mengatur dokumen, termasuk membuat komponen pada kop surat.
ADVERTISEMENT
Kop merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam dokumen surat-menyurat. Sebab, bagian itu berfungsi sebagai tanda pengenal pengirim surat resmi. Umumnya, kop surat memuat logo dan nama instansi, alamat, nomor telepon, hingga email, dan terletak di bagian atas sebelum isi surat.
Menurut Adlan Ali dan Tanzili dalam buku Pedoman Lengkap Menulis Surat, kop tak sekadar menjadi identitas pengirim melainkan juga sebagai pemberi informasi yang menghubungkan penerima dengan instansi sekaligus sarana promosi.
Beberapa contoh kop surat umumnya menambahkan sebuah garis yang memisahkan bagian kop dengan badan surat. Untuk mengetahui metode lainnya untuk membuat garis kop surat, simak pemaparan selengkapnya berikut ini.

Cara Membuat Garis Kop Surat

Ilustrasi membuat kop surat. Foto: Unsplash.com
Setidaknya ada tiga cara membuat garis kop surat yang bisa kamu lakukan secara otomatis. Contohnya, memanfaatkan tanda pagar, melalui menu Shapes di tab Insert, hingga memanfaatkan menu Border dan Shading di tab Home.
ADVERTISEMENT

Cara Membuat Garis Kop Surat dengan Tanda Pagar

Ilustrasi cara membuat garis kop surat dengan bantuan tanda pagar. Foto: Tangkapan layar Word
Metode ini terbilang paling praktis di antara dua metode membuat garis di kop surat. Secara lebih lengkap, berikut cara membuat garis kop surat dengan tanda pagar.

Cara Membuat Garis Kop Surat dengan Fitur Shapes

Alternatif membuat garis kop surat lainnya bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur Shapes di tab Insert. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

Cara Membuat Garis Kop Surat dengan Border and Shading

Fitur Border and Shading. Foto: Tangkapan layar Word
Metode untuk membuat garis kop surat terakhir, yakni dengan memanfaatkan fitur Border and Shading. Untuk menerapkan cara ini, ikuti beberapa langkah berikut.
Itulah tiga cara membuat garis kop surat di Word yang bisa kamu praktikkan dengan mudah dan tak lama. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!
(ANM)