Cara Membuat Instagram Reels, Enggak Pakai Ribet!

Konten dari Pengguna
2 Agustus 2021 18:41
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Instagram Reels, Enggak Pakai Ribet! (349311)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Instagram Reels. Foto: Shutterstock
Cara membuat Instagram Reels tidaklah sulit. Kamu bisa memanfaatkan fitur terbaru dari Instagram ini untuk berekspresi di media sosial.
ADVERTISEMENT
Instagram Reels merupakan fitur baru milik Instagram yang mirip dengan TikTok. Kamu bisa merekam, mengedit, dan berbagi video berdurasi pendek di Instagram Reels.
Reels menyediakan berbagai fitur pengeditan, seperti efek, mengontrol kecepatan video, menggabungkan dan memotong video, transisi, dan lainnya.
Cara membuat Instagram Reels hampir sama dengan membuat video TikTok. Bagi kamu yang belum pernah bermain TikTok, maka bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tutorial lengkapnya.

Cara Membuat Instagram Reels

Mengutip laman Influencer Marketing Hub, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Instagram Reels:
Cara Membuat Instagram Reels dengan Mudah
Cara membuat Instagram Reels hampir mirip dengan TikTok. Para pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk berekspresi di media sosial. Berikut ini adalah caranya:
1. Buka Aplikasi Instagram
Buka aplikasi Instagram di smartphone kamu. Saat berada di beranda awal, geser ke kanan layar ponsel seperti saat membuka kamera untuk Instagram Stories.
2. Pilih fitur Instagram Reels
Pada menu bagian bawah layar, kamu akan melihat berbagai fitur kamera Instagram, kemudian geser hingga menemukan 'Reels'. Pilih tool Reels di sebelah kiri sesuai keinginan. Jika ingin merekam video, klik tombol 'Kamera' di bagian tengah dan kamu bisa melihat waktu berjalan dengan batas 15 detik.
3. Klik 'Set Timer' dan Edit Video
Untuk merekam secara hands free, maka bisa klik tombol 'Timer' dan memilih durasi video. Setelah itu, klik 'Set Timer'. Setelah selesai merekam, klik tombol berlogo '>' untuk melanjutkan editing. Kamu bisa menambahkan efek, menambahkan musik, dan lainnya dengan klik beberapa ikon di bagian atas. Klik 'Next' setelah selesai mengedit. Lalu, tulis caption dan klik 'Upload'.
Sekarang kamu sudah bisa melakukan cara membuat Instagram Reels. Jadi, kamu bisa membuat konten dan mengekspresikan diri dengan suasana yang berbeda di Instagram Reels.
ADVERTISEMENT

Tools di Instagram Reels

Cara Membuat Instagram Reels, Enggak Pakai Ribet! (349312)
zoom-in-whitePerbesar
Fitur Reels di Instagram. Foto: Instagram
Pengguna dapat merekam dan mengedit video berdurasi 15 hingga 30 detik, menambahkan audio dan efek, dan membagikan ke pengikut mereka atau ke seluruh pengguna jika akun bersifat publik.
Menggunakan beberapa tools yang terdapat di Instagram Reels dapat membuat video kamu menjadi lebih hidup. Lalu, apa saja fitur yang ada di Instagram Reels?

1. Audio

Instagram memiliki perpustakaan musik sendiri. Dengan begitu, kamu bisa menemukan berbagai lagu yang bisa digunakan pada Instagram Reels. Kamu bisa memilih segmen tertentu yang akan dimasukkan ke Reels dengan menggeser timer.
Selain itu, kamu juga bisa membuat audio sendiri dengan merekamnya. Jadi, pengguna Instagram lainnya dapat menggunakan audio yang kamu rekam.
ADVERTISEMENT

2. Timer

Timer bisa digunakan jika kamu ingin merekam dengan hands free. Kamu cukup memilih waktu timer, lalu klik tombol rekam. Setelah hitungan mundur selesai, maka proses perekaman akan dimulai.

3. Align

Align adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk membuat potongan video agar terlihat lebih mulus. Banyak orang yang menggunakan tools ini saat mereka ingin mengubah pakaian atau berpindah tempat.

4. Speed

Melalui fitur speed ini, kamu bisa memperlambat atau membuat video menjadi lebih cepat. Sehingga, video kamu menjadi lebih dramatis dan menarik.
Itulah cara membuat Instagram Reels beserta tools yang bisa kamu gunakan. Selamat mencoba!
(NSF)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020