Cara Memperkecil Ukuran Video Lewat HP

Konten dari Pengguna
9 Desember 2021 11:45
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Memperkecil Ukuran Video Lewat HP (88123)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat video. Foto: Unsplash
Cara memperkecil ukuran video dibutuhkan untuk mengurangi ukuran video yang terlalu besar. Memperkecil ukuran video mudah dilakukan.
ADVERTISEMENT
Video sendiri seringkali memiliki ukuran yang besar. Apalagi, jika video tersebut menggunakan perangkat canggih, seperti kamera digital yang ukurannya sangat besar.
Banyak cara untuk memperkecil video yang bisa dilakukan melalui laptop dan ponsel. Kamu bisa menggunakan aplikasi edit video yang menyediakan fitur cara mengecilkan ukuran video.
Cara memperkecil video yang lebih mudah adalah menggunakan bantuan situs web tertentu di internet. Hal itu juga dinilai lebih praktis, karena kamu tidak perlu memasang aplikasi edit video.
Berikut ini adalah cara memperkecil ukuran video di Android dan iPhone dengan mudah.

Cara Memperkecil Ukuran Video Online Gratis

Tidak sedikit website yang menyediakan layanan cara memperkecil ukuran video di iPhone dan Android secara online. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan ini adalah FreeConvert.
ADVERTISEMENT
Lalu, kamu bisa menggunakan bantuan FreeConvert untuk melakukan cara kompres video secara gratis tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu.
Berikut ini adalah tutorial cara kompres video online gratis lewat situs website FreeConvert yang bisa kamu lakukan lewat HP:
Cara Memperkecil Ukuran Video Lewat HP
Cara memperkecil ukuran video kini bisa dilakukan lewat HP. Caranya, kamu bisa menggunakan bantuan situs FreeConvert untuk memperkecil ukuran video yang diinginkan.
1. Masuk ke Situs Resmi FreeConvert untuk Memperkecil Video
Buka browser di HP kamu, kemudian pergi ke FreeConvert dengan alamat freeconvert.com. Setelah masuk ke halaman awal FreeConvert, scroll hingga bawah dan menemukan bagian ‘Tools’. Setelah itu, klik ‘Video Compressor’ untuk melanjutkan cara kompres video di HP. Jika halaman baru sudah terbuka, atur kompresi video yang kamu inginkan melalui bagian ‘Advanced Settings’. Pilih metode kompresi lewat ‘Compression Method’. Kamu bisa memilih ingin mengecilkan video dengan angka persentase dari ukuran sebelumnya, ukuran maksimal dalam MB yang diinginkan, resolusi video, dan lainnya.
2. Pilih Ukuran dan Unggah Video yang Ingin Dikecilkan
Setelah memilih metode, sesuaikan hasil yang diinginkan. Misalnya, kamu memilih ukuran maksimal dalam MB, maka bisa mengetikkan ukuran maksimal yang baru. Jika semua pengaturan sudah selesai klik ‘Choose Files’ untuk mencari dan mengunggah video yang akan kamu kompres. Pilih format video yang kamu inginkan. Lalu, FreeConvert akan menyediakan format MP4, FLV, MKV, AVI, MOV, dan 3GP.
3. Mulai Kompres Ukuran Video dan Tunggu Prosesnya
Lanjutkan cara kompres video tanpa aplikasi dengan klik ‘Compress Now!’. Tunggu sejenak proses unggahan dan kompresi video. Lama waktunya pun tergantung dari ukuran awal video. Setelah selesai, kamu bisa langsung mengunduh dengan klik ‘Download MP4’. Kamu bisa juga mengunggah langsung ke Google Drive dan Dropbox.
Cara untuk kompres video tersebut bisa membuat ukuran video lebih kecil, sehingga tidak akan memenuhi kapasitas penyimpanan. Lalu, bisa dibagikan lewat media sosial lain dengan mudah.
Selain itu, kompres video lewat FreeConvert di atas dapat kamu lakukan melalui laptop dengan langkah yang tidak jauh berbeda dan tetap praktis.
Demikian penjelasan lengkap mengenai cara memperkecil ukuran video di HP dengan mudah lewat situs FreeConvert.
(DEEM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020