Tekno & Sains
·
9 Juli 2021 14:54
·
waktu baca 2 menit

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB (156786)
searchPerbesar
Ilustrasi menampilkan layar HP ke laptop dengan USB. Foto: Unsplash
Cara menampilkan layar HP ke laptop dengan USB cukup mudah. Kamu tidak perlu melakukan root pada ponsel, cukup menggunakan aplikasi yang bisa membantu menampilkan layar HP ke laptop.
ADVERTISEMENT
Ketika menampilkan layar ponsel ke laptop, kamu bisa mengerjakan banyak hal dan memudahkan berbagai pekerjaan. Misalnya, memeriksa kinerja aplikasi yang baru saja dibuat atau mengirim file dari ponsel ke laptop dengan mudah.
Supaya kamu bisa menampilkan layar HP ke laptop, maka perlu mengaktifkan debugging USB yang bisa dilihat pada pengaturan ponsel. Setelah itu, kamu membutuhkan aplikasi bantuan agar layar HP muncul di laptop.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB Debugging

Mengutip How to Geek, tutorial cara menampilkan layar HP ke laptop dengan kabel USB yang pertama adalah mengaktifkan debugging USB pada ponsel. Caranya, buka Setting > System > About Phone.
Setelah itu, scroll ke bawah dan temukan 'Build Number'. Kemdian, ketuk lima kali. Kini kamu sudah bisa masuk ke opsi 'Developer Options'.
ADVERTISEMENT
Sekarang masuk ke 'Developer Options' yang ada di 'Setting' dan 'System'. Setelah itu, aktifkan 'USB Debugging' dengan menggeser tombol ke kanan.
Selanjutnya, kamu hanya perlu menyambungkan ponsel dengan laptop yang sudah di instal aplikasi pencerminan layar HP ke laptop. Berikut adalah rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan layar HP ke laptop, dikutip dari laman Fossbytes:

1. Vysor

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB (156787)
searchPerbesar
Tampilan Vysor untuk menampilkan layar HP ke laptop. Foto: Vysor
Vysor dapat digunakan untuk menampilkan layar smartphone ke laptop dengan mudah dan cepat. Keunggulan aplikasi ini adalah cara penggunaannya yang mudah.
Kamu bisa menggunakan aplikasi Vysor untuk bermain game dan melakukan pekerjaan lain yang ada di HP, namun dikerjakan lewat laptop.
Vysor juga memiliki kelemahan, yaitu beberapa fitur yang disediakan berbayar, seperti menampilkan layar dengan resolusi tinggi dan berbagi layar ponsel ke laptop secara wireless.
ADVERTISEMENT

2. ApowerMirror

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB (156788)
searchPerbesar
Tampilan ApowerMirror untuk menampilkan layar HP ke laptop. Foto: ApowerMirror
Cara menampilkan layar HP ke laptop dengan USB offline bisa dilakukan melalui aplikasi ApowerMirror. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menampilkan layar HP ke laptop dan sebaliknya. Tak hanya mengontrol HP dengan mouse dan keyboard, namun juga bisa mengontrol laptop di HP.
ApowerMirror tersedia dalam versi premium dan gratis. Dengan berlangganan premium, kamu bisa menampilkan tiga HP sekaligus di laptop secara bersamaan.
Fitur terbaik yang dimiliki aplikasi ini adalah game keyboard. Dengan fitur tersebut, kamu bisa membuat pintasan keyboard sendiri untuk mengatur HP dengan lancar.

3. Scrcpy

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB (156789)
searchPerbesar
Tampilan Scrcpy untuk menampilkan layar HP ke laptop. Foto: Scrcpy
Terakhir, kamu bisa melakukan cara menampilkan layar HP rusak ke laptop dengan USB melalui Scrcpy. Nantinya, kamu dapat menampilkan layar HP ke laptop tanpa USB tanpa harus menginstal aplikasi. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan Android ADB.
ADVERTISEMENT
Ukuran Scrcpy sangat kecil, sehingga membuat pencerminan layar menjadi sangat cepat.
Namun, hanya pengguna tertentu saja yang bisa menggunakan Scrcpy, karena sangat sulit untuk diatur. Bagi kalian yang tidak memiliki pengetahuan teknis mengenai Terminal, alat ADB, dan Command Line, sebaiknya tidak menggunakan Scrcpy.
Kini kamu sudah tahu bagaimana cara menampilkan layar HP ke laptop dengan USB. Ikuti langkah-langkah di atas dan layar HP akan muncul di laptop.
(NSF)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white