Konten dari Pengguna

Cara Mengatasi Error Fixing D Stage 1 pada Laptop

28 Mei 2024 17:26 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengatasi Fixing D Stage 1 laptop. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi Fixing D Stage 1 laptop. Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Laptop adalah perangkat yang terdiri dari berbagai komponen penting, salah satunya hardisk. Jik hardisk laptop mengalami kerusakan, maka laptop akan menampilkan Fixing D Stage 1.
ADVERTISEMENT
Pesan error "Fixing D Stage 1" muncul ketika sistem tengah memperbaiki hardisk laptop. Itu artinya, ada problem di storage atau penyimpanan laptop. Jika kamu menekan enter, umumnya sistem akan kembali lagi ke halaman bluescreen dan terjadi loop.
Bagaimana cara mengatasi Fixing D Stage 1 blue screen pada laptop? How to Tekno akan menjelaskan langkah mudahnya dalam artikel berikut.

Cara Mengatasi Error Fixing D stage 1

Ilustrasi cara mengatasi Fixing D Stage 1 laptop. Foto: pantip.com
Menurut penjelasan Yudhanto (2017) dalam buku berjudul Panduan Mahir Pengantar Teknologi Informasi, hardisk laptop kebanyakan terhubung langsung ke motherboard melalui slot. Sebuah notebook biasanya telah didesain semaksimal mungkin untuk mengurangi efek guncangan yang bisa menyebabkan rusaknya hardisk di motherboard. Namun, di luar masalah fisik, hardisk juga bisa mengalami kerusakan dari software laptop.
ADVERTISEMENT
Jika hardisk mengalami kerusakan, laptop akan menampilkan pesan error berupa "Fixing D Stage 1. Berikut adalah cara mengatasi Fixing D Stage 1 pada laptop:

1. Tunggu Hingga Proses Selesai

Ketika laptop menampilkan Fixing D Stage 1, coba tunggu proses perbaikan hingga tuntas. Baru setelah itu kamu bisa beranjak ke solusi berikutnya.
Sebaiknya tunggu hingga 100% proses fixing disk tersebut. Jika hardisk milikmu masih bisa di-fix oleh Windows, nantinya laptop tersebut langsung bisa menyala normal kembali. Namun, jika Windows tidak bisa melakukan fixing pada hardisk, laptop akan mengalami bluescreen.

2. Lakukan Instal Ulang Windows

Cara kedua untuk mengatasi Fixing D Stage 1 blue screen pada laptop adalah dengan melakukan instalasi ulang Windows. Cara ini dilakukan jika ada dugaan terjadi corrupt pada sistem operasi.
ADVERTISEMENT
Apabila hardisk laptop milikmu masih normal, proses instalasi Windows akan berjalan lancar. Sebaliknya, jika proses instalasi Windows mengalami error atau kegagalan berupa looping, artinya kamu perlu lakukan cara lain selain instal ulang Windows.

3. Lepaskan Hardisk Laptop

Mencabut atau melepas hardisk laptop juga bisa mengatasi masalah Fixing D Stage 1 blue screen pada laptop. Setelah dilepas, lakukan repair hardisk-nya menggunakan tool repair disk.
Tool ini bisa kamu dapatkan di internet. Namun, jika masalah masih terus terjadi dan laptop tetap error atau blue screen, sebaiknya lakukan langkah selanjutnya.

4. Ganti Hardisk Laptop

Cara terakhir adalah dengan mengganti hardisk laptop. Solusi ini paling ampuh di antara ketiga cara di atas. Dengan mengganti hardisk, laptop milikmu bisa nyala normal kembali.
ADVERTISEMENT
Setelah melakukan repair atau penggantian disk, sebaiknya lakukan pemeliharaan rutin seperti pelumasan, pengecekan tekanan dan suhu, serta penggantian bagian yang aus. Dengan begitu, kamu bisa mencegah kesalahan terulang kembali.
(SLT)