Cara Mengatasi Ghost Touch Realme untuk Semua Tipe

Konten dari Pengguna
23 Februari 2024 15:09 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi ghost touch Realme. Foto: Realme
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ghost touch Realme. Foto: Realme
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Permasalahan ghost touch Realme kerap terjadi saat menggunakan ponsel tersebut untuk bermain game online terutama untuk pemakaian lebih dari 2 jari. Ghost touch atau multitouch ini bisa terjadi di berbagai seri Realme.
ADVERTISEMENT
Namun, kamu tidak perlu khawatir apabila mengalami masalah ini, karena How to Tekno punya solusinya. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara mengatasi ghost touch Realme untuk semua tipe.

Apa Itu Ghost Touch?

Ilustrasi ghost touch Realme. Foto: Unsplash
Ghost touch adalah situasi di mana layar smartphone yang kita gunakan bergerak atau bekerja sendiri tanpa disentuh. Gerak tersebut memiliki pola yang random, atau bahkan bisa menyebabkan layar menjadi frozen dan gagal merespons sentuhan.
Dikutip dari laman cashify, isu ini umumnya terjadi ketika ponsel digunakan saat sedang diisi daya. Ketika itu terjadi, beberapa bagian layar ponsel tidak merespons sensor dan kamu tidak bisa menggerakkan layarnya.
Sementara itu, berdasarkan pernyataan dari laman makeuseof, terdapat penjelasan bahwa ghost touch bisa juga disebabkan oleh masalah fisik ponsel, seperti kerusakan komponen display, keretakan layar, dan bahkan adanya kotoran atau air yang menyebabkan terjadinya masalah.
ADVERTISEMENT
Ghost touch bisa terjadi di hampir semua tipe handphone (HP), termasuk Realme. Untuk mengatasi terjadinya isu ghost touch, simak ulasan berikut.

Cara Mengatasi Ghost Touch Realme

Ilustrasi ghost touch Realme. Foto: smartprix

1. Bersihkan dan Periksa Kalibrasi Layar

Bersihkan touchscreen secara berkala untuk memastikan layar HP kamu dalam kondisi selalu bersih. Ketika layar HP terkena air, segera keringkan menggunakan kain microfiber atau tisu.
Seiring dengan penggunaan yang sering, daya sensitivitas sentuhan di layar HP dapat menurun. Maka dari itu, kalibrasi layar adalah cara yang tepat untuk mengatasi ghost touch.

3. Periksa Kondisi Firmware atau Software

Dikutip dari laman Planet Gadget, masalah ghost touch juga dapat disebabkan oleh masalah firmware atau software. Ini bisa terjadi jika kamu menginstal software yang tidak kompatibel dengan perangkat kamu.
ADVERTISEMENT
Untuk mengatasinya, user smartphone harus memeriksa tingkat firmware yang digunakan dan memastikan kalau yang digunakan sudah dalam versi terbaru.
Software yang sudah usang atau kedaluwarsa bisa menimbulkan bug dan layar error atau bergerak sendiri. Cara melakukan update software di ponsel adalah sebagai berikut:

4. Ganti Charger

Langkah selanjutnya adalah dengan memeriksa charger yang digunakan. Charger dengan kualitas yang buruk atau charger yang bermasalah dapat berpengaruh terhadap fungsi dari digitizer. Karena hal tersebut, sinyal sentuhan dapat disensor di layar HP dan membuat latar layar bergerak dengan sendirinya.

5. Reset HP

Reset HP bisa dilakukan untuk mengatasi ghost touch, tetapi solusi ini bisa menghilangkan semua data di ponsel. Jika kamu ingin melakukannya, pastikan semua data sudah tersimpan di tempat lain.
ADVERTISEMENT
(SLT)