Cara Mengatasi HP Infinix Mentok di Logo

Konten dari Pengguna
17 Mei 2024 15:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi HP Infinix mentok di logo. Foto: YouTube/EnterTechPro
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi HP Infinix mentok di logo. Foto: YouTube/EnterTechPro
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
HP tersusun dari berbagai komponen hardware dan software, keduanya sama-sama bisa mengalami kerusakan yang menyebabkan kinerja ponsel terhambat. Mengutip penjelasan Adriansyah (2021) dalam buku Bongkar Cara Cepat dan Mudah Bisa Service HP, salah satu kerusakan yang bisa terjadi pada ponsel adalah kerusakan Emmc. Kerusakan ini bisa menyebabkan ponsel mentok di logo saat sedang restart.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi HP Infinix mentok di logo sebelum membawanya ke teknisi. Berikut ulasan selengkapnya.
Ilustrasi HP Infinix mentok di logo. Foto: Infinix

1. Restart dan Boot Ulang

Cara mengatasi HP Infinix mentok logo pertama adalah dengan melakukan restart perangkat Infinix milikmu. Langkah mungkin terdengar sederhana, tetapi seringkali dapat memperbaiki masalah kecil seperti ini.
Tekan dan tahan tombol daya device Infinix selama beberapa detik hingga kamu melihat opsi untuk mematikan perangkat. Selanjutnya, pilih opsi "Shutdown" dan tunggu beberapa detik. Setelah perangkat mati, silahkan tekan tombol power lagi hingga HP tersebut nyala lagi. Jika perangkat masih terjebak pada logo Infinix, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Hapus Data Cache Partition

Masalah bootloop atau terjebak pada logo Infinix dapat disebabkan oleh data cache yang korup. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu membersihkan partisi cache pada perangkat Infinix tersebut.
ADVERTISEMENT
Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

3. Reset Pabrik

Jika kedua cara mengatasi HP Infinix mentok logo sebelumnya tidak berhasil, kamu dapat mencoba mengembalikan perangkat Infinix ke pengaturan pabrik.
Perlu dicatat bahwa langkah ini akan menghapus semua data yang ada di perangkat milikmu. Dengan demikian, pastikan kamu telah mencadangkan data penting sebelum melanjutkan.
ADVERTISEMENT
Untuk melakukan reset pabrik, ikuti langkah-langkah berikut:

4. Flash Ulang Firmware HP

Jika semua cara mengatasi HP Infinix mentok logo yang disebutkan di atas tidak berhasil mengatasi masalah, kamu bisa mencoba flash ulang firmware pada perangkat Infinix milikmu.
Flashing ulang firmware dapat memperbaiki masalah yang terkait dengan sistem operasi perangkat. Metode flashing offline ini bisa digunakan untuk mengatasi device Infinix yang bermasalah seperti, bootloop, stuck, hang, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Namun, proses ini memerlukan pengetahuan teknis yang cukup, jadi disarankan untuk melakukan langkah ini oleh teknisi resmi Infinix.
(SLT)