Konten dari Pengguna

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Error, Ikuti 5 Langkah Berikut

29 Mei 2024 18:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi touchpad laptop Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi touchpad laptop Foto: Freepik
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Touchpad memiliki peran yang sama dengan perangkat mouse dan berfungsi sebagai alat navigasi untuk menggerakkan kursor laptop. Touchpad yang tidak berfungsi bisa diakibatkan oleh kesalahan pada software, sistem operasi yang kedaluwarsa, dan hardware yang rusak.
ADVERTISEMENT
Jika laptop kamu masih mengalami masalah, berikut adalah tutorial cara mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi, dikutip dari berbagai sumber.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Error

Ilustrasi touchpad laptop Foto: Marco Verch via Flickr (CC BY 2.0)
Touchpad merupakan salah satu komponen terpenting dari laptop. Ada beberapa penyebab mengapa touchpad bisa error, di antaranya:
Apabila touchpad pada laptop kamu mengalami error, kamu bisa melakukan beberapa solusi mudah berikut:

1. Restart Laptop

Cara pertama untuk mengatasi touchpad laptop error adalah dengan melakukan restart. Cara ini adalah yang termudah. Kamu bisa menekan tombol Windows pada laptop, kemudian gunakan tombol panah untuk mematikan laptop.
Ada kalanya touchpad yang tidak berfungsi karena kesalahan sistem. Dengan menyalakan ulang laptop, laptop bisa kembali pulih dan berfungsi normal.
ADVERTISEMENT

2. Memeriksa Sensitivitas Touchpad

Apabila touchpad masih belum berfungsi normal setelah melakukan restart, kamu bisa menyambungkan mouse untuk melakukan pengaturan lanjutan. Cara kedua untuk mengatasi touchpad laptop error adalah dengan memeriksa tingkat sensitivitas.
Touchpad adalah salah satu perangkat laptop yang sensitif. Touchpad laptop bisa mengalami masalah saat terkena kotoran, air, atau minyak.
Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi dapat dilakukan dengan memeriksa sensitivitas, begini caranya:

3. Mengaktifkan Touchpad Melalui Pengaturan

Ilustrasi cara mengatasi touchpad tidak berfungsi. Foto: Cnet
Ketika kamu baru melakukan instalasi ulang Windows, update sistem, atau shutdown laptop, bisa saja touchpad nonaktif sehingga tidak dapat digunakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuka menu Setting dan mengaktifkannya kembali.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah cara mengaktifkan touchpad melalui menu pengaturan:

4. Memperbarui atau Update Driver

Kursor laptop tidak bergerak karena touchpad bisa juga disebabkan oleh driver yang belum diperbarui. Pengguna bisa mengatasinya dengan memperbarui driver dengan cara berikut:

5. Putuskan Sambungan Mouse Eksternal

Cara mengatasi touchpad laptop error berikutnya adalah dengan memutus mouse eksternal yang terhubung di perangkat. Aada beberapa model laptop yang secara otomatis akan mematikan touchpad saat terhubung ke mouse eksternal. Maka dari itu, kamu perlu menyalakannya kembali secara manual di pengaturan.
ADVERTISEMENT
(SLT)