Cara Mengatasi Wipe Data Realme Minta Password tanpa Komputer

Konten dari Pengguna
16 Januari 2024 16:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Wipe data Realme. Foto: Realme Help
zoom-in-whitePerbesar
Wipe data Realme. Foto: Realme Help
ADVERTISEMENT
Banyak pengguna Realme mengalami kesulitan ketika hendak melakukan hard reset, terutama ketika memilih menu wipe data sistem, yang justru meminta password atau kode verifikasi.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini tanpa perlu menggunakan komputer? Berikut How to Tecno jabarkan cara mengatasi wipe data Realme minta password yang dirangkum dari beberapa sumber.

Apa itu Wipe Data Realme?

Wipe data Realme. Foto: thegioididong
Dikutip dari laman Realme, wipe data atau reset pabrik adalah proses untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Data dan pengaturan sistem akan dikembalikan ke kondisi awal ponsel.
Sebagian besar pengguna mungkin mencoba melakukan hard reset atau wipe data saat menghadapi masalah lupa password layar kunci. Meskipun wipe data dapat membantu mengatasi masalah tersebut, namun kelemahan dari tindakan ini adalah kehilangan semua data yang ada di ponsel Realme.
Meskipun beberapa pengguna menganggap kehilangan data lebih baik daripada tidak dapat menggunakan ponsel sama sekali, namun beberapa masalah muncul ketika kode verifikasi atau password tidak muncul saat melakukan wipe data.
ADVERTISEMENT

Cara Wipe Data Realme

Dikutip dari laman Telkomsel, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reset HP Realme melalui recovery mode:

Cara Mengatasi Wipe Data Realme Minta Password

Ketika melakukan wipe data, kamu bisa daja menghadapi kendala di mana kode verifikasi atau password tidak muncul. Ini bisa menjadi masalah serius, sebab kode tersebut seharusnya muncul secara otomatis, tetapi terkadang tidak muncul sama sekali.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini belum ada cara resmi untuk mengatasi masalah hilangnya password. Namun, beberapa pengguna telah mencoba trik yang mungkin membantu.
Cobalah masuk ke recovery mode dan pilih menu wipe data beberapa kali (3 sampai 4 kali). Cara ini dapat memunculkan kode verifikasi pada beberapa ponsel yang mengalami error.
Namun, jika trik tersebut tidak berhasil, solusi terbaik adalah melakukan flash pada ponsel Realme. Flashing pada ponsel atau smartphone merujuk pada proses mengganti atau memperbarui sistem operasi (OS) yang ada di dalamnya.
Flashing akan mengganti sistem di ponsel dengan yang baru, sehingga sistem sebelumnya dan kunci layar akan dihapus secara otomatis. Untuk melakukan flash, kamu dapat melakukannya melalui komputer atau PC.
ADVERTISEMENT
Apabila kamu tidak memiliki pengalaman atau tidak memiliki komputer, sebaiknya lakukan di tempat layanan atau konter perbaikan yang biasanya menyediakan jasa flash.
Lewat flash, masalah wipe data Realme yang meminta password tersebut akan teratasi. Dengan begitu, ponsel dapat digunakan kembali.
(SLT)