Tekno & Sains
·
15 September 2021 18:59
·
waktu baca 3 menit

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk (104877)
searchPerbesar
Ilustrasi menggunakan Flashdisk. Foto: Getty Images
Ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan. Namun, How To Tekno akan membagikan tipsnya tanpa aplikasi tambahan.
ADVERTISEMENT
Salah satu barang elektronik yang berfungsi untuk menyimpan file adalah flashdisk. Meskipun mengirim data secara online dan menyimpan data di Cloud sudah sangat populer, namun keberadaan flashdisk digunakan untuk memindahkan dan menyimpan file.
Semakin hari, flashdisk diciptakan lebih baik dari sebelumnya. Kecepatan pengiriman data yang lebih tinggi dan kapasitas memorinya yang besar membuat benda kecil ini masih cukup digemari.
Hampir semua orang kini menggunakan flashdisk untuk menyimpan file penting mereka. Namun, tidak jarang juga mereka kehilangan file di flashdisk karena tak sengaja terhapus.
Jika kamu mengalami kejadian serupa, maka tak perlu panik. Kamu bisa mencoba tutorial bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk melalui artikel ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Aplikasi

Berikut ini adalah tutorial cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk gratis tanpa aplikasi tambahan.
ADVERTISEMENT

1. Command Prompt

Command Prompt atau CMD merupakan fitur bawaan Windows yang bisa digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dialami penggunanya, salah satunya file yang terhapus di flashdisk.
Berikut adalah cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk Windows 10:
  1. Sambungkan flashdisk yang berisi file terhapus tersebut ke laptop atau PC kamu.
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk (104878)
searchPerbesar
Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Foto: Wikimedia Commons
  1. Buka Command Prompt di laptop kamu dengan cara klik 'Windows + R' dan ketik cmd. Lalu, tekan 'Enter'. Setelah Command Prompt terbuka, ketik perintah H: /f (ganti H dengan huruf flashdisk kamu), kemudian tekan 'Enter'.
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk (104879)
searchPerbesar
Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Foto: Nada Shofura/kumparan
  1. Ketik Y dan tekan 'Enter' di Command Prompt. Kemudian, ketik H lagi (ubah H dengan huruf flashdisk).
  2. Terakhir, masukkan H:>attrib -h -r -s /s /d *.* (ganti H dengan huruf flashdisk).
  3. Tunggu hingga proses selesai. Kemudian, kamu akan melihat folder baru di dalam flashdisk yang berisi semua file terhapus. Ubah format file sesuai dengan format sebelumnya agar dapat dibuka kembali.
ADVERTISEMENT
Menggunakan Command Prompt adalah cara paling simpel dan bisa dicoba di semua versi Windows. Selain bisa mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, cara di atas juga berjalan untuk perangkat penyimpanan eksternal lainnya, seperti microSD dan hard disk.

2. Windows Backups

Windows sebenarnya memiliki fitur bernama Windows Backups. Kamu bisa mencoba mengembalikan file yang terhapus di flashdisk lewat Windows Backups. Simak cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk secara manual:
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk
Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dapat dilakukan melalui Command Prompt, Windows Backups, atau versi file sebelumnya. Ikuti tutorial lengkapnya di bawah ini:
1. Buka Control Panel di PC atau Laptop
Buka Control Panel yang ada di komputer atau laptop kamu. Klik 'Pencadangan dan Pemulihan'.
2. Segera Pulihkan Data yang Ingin Dikembalikan
Jika ada file yang berhasil dicadangkan oleh Windows Backups, maka akan muncul tombol 'Pulihkan file saya'. Cari file yang ingin kamu kembalikan dan pilih lokasi penyimpanan yang ingin kamu pilih.

3. Mengembalikan File dari Versi File Sebelumnya

Tidak banyak yang tahu jika ada cara mudah mengembalikan file yang terhapus di flashdisk laptop, PC, atau penyimpanan eksternal lainnya.
  1. Masukkan flashdisk kamu ke laptop dan pergi ke folder di mana file tersebut tidak sengaja terhapus. Klik kanan folder dan pilih 'Pulihkan versi sebelumnya'. Jika file tidak ada di dalam folder, kamu bisa klik kanan pada flashdisk.
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk (104880)
searchPerbesar
Cara mengembalikan file dari Versi Sebelumnya. Foto: Nada Shofura/kumparan
  1. Nantinya, akan muncul daftar file yang terhapus. Cari file yang ingin kamu kembalikan, kemudian klik file tersebut dan pilih 'Restore'.
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk (104881)
searchPerbesar
Cara mengembalikan file dari Versi Sebelumnya. Foto: support.google.com
Dengan begitu, file kamu yang terhapus akan muncul lagi di lokasi semula.
ADVERTISEMENT
Itulah cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Sebaiknya, lakukan pencadangan data ke Cloud agar file lebih aman dan bisa dikembalikan dengan mudah jika terhapus tidak sengaja.
(NSF)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white