Cara Mengetahui HP Disadap, Begini Langkahnya

Konten dari Pengguna
16 Juli 2021 18:55
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi menggunakan HP. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menggunakan HP. Foto: Freepik
Cara mengetahui HP disadap sangat penting dilakukan. Jika ada tanda-tanda tersebut yang muncul, maka kamu bisa mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari pencurian data.
Smartphone sangat rentan akan penyadapan, terutama untuk ponsel yang di-root dan membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Penyadapan sangat berbahaya dan merugikan pihak pemilik ponsel.
Penyadapan bisa terjadi pada seluruh lapisan masyarakat. Umumnya, tindakan tersebut digunakan untuk mengintai atau mencuri data pribadi seseorang.
Dengan mengetahui ciri-ciri HP disadap, kamu bisa menghentikan penyadapan seperti mematikan HP atau menghapus seluruh data penting. Lalu, bagaimana cara mengetahui HP disadap? Berikut ini adalah penjelasannya:

Cara Mengetahui HP Disadap Orang

Ilustrasi menggunakan HP. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menggunakan HP. Foto: Unsplash
Mengutip laman Lifewire, berikut adalah cara untuk mengetahui HP disadap dengan melihat tanda-tanda di bawah ini:

1. Suara yang Muncul di HP Berbeda

Jika kamu menemukan suara asing yang berbunyi di HP, maka kemungkinan ada penyadapan. Misalnya, ada suara dengan dengungan tinggi dan lainnya saat sedang menelepon.
Saat HP sedang tidak kamu pegang, kemudian muncul suara seperti "klik". Hal tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa HP kamu disadap.
Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan apakah ponsel sedang mengeluarkan suara yang tidak terdengar oleh manusia. Caranya, kamu bisa menggunakan alat sensor bandwith suara pada frekuensi rendah.
Jika alat sensor tersebut mendeteksi adanya suara bising dari ponsel, bisa jadi ponsel kamu memang sedang disadap.

2. Baterai yang Tiba-tiba Habis

Cara mudah mengetahui HP disadap selanjutnya adalah melihat baterai. Sebelum mengeklaim jika HP disadap karena baterai yang tiba-tiba habis, kamu bisa mengecek kondisi baterai terlebih dahulu. Mungkin saja pengguna ponsel saat itu sedang berlebihan.
Jika memang kondisi baterai masih sehat dan baterai HP tiba-tiba habis, bisa jadi hal tersebut karena ponsel disadap. Ponsel yang disadap seringkali membuat baterai cepat panas dan habis.

3. HP Sulit Dimatikan

Kamu bisa memeriksa apakah ponsel disadap atau tidak dengan cara mematikan HP. Perhatikan apakah proses penonaktifan lancar atau tidak, apakah layar tetap menyala, dan lainnya.
Jika HP kamu kurang responsif saat dimatikan, seseorang mungkin sedang mengakses ponsel kamu dengan cara yang tidak sah.

4. Aktivitas yang Mencurigakan pada Ponsel

Cara mengetahui HP disadap jarak jauh adalah memperhatikan apakah ponsel kamu melakukan aktivitas yang mencurigakan, seperti SMS masuk yang isinya aneh, ikon bergerak sendiri, muncul iklan aneh, dan data pribadi muncul.
Jika beberapa aktivitas ada yang mencurigakan, segera amankan beberapa data penting di ponselmu. Kemungkinan besar, HP kamu sedang disadap oleh seseorang.
Ilustrasi menggunakan HP. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menggunakan HP. Foto: Freepik

5. Ada Gangguan saat HP Berada di Dekat Perangkat Elektronik

Saat kamu menggunakan HP di dekat TV, laptop, atau komputer seharusnya tidak ada gangguan yang muncul. Kamu bisa mengecek apakah HP disadap atau tidak dengan mendekatkan ponsel di dekat benda elektronik.
Alat penyadapan biasanya memiliki frekuensi yang sama dengan radio. Jadi, jika ponsel tersebut disadap dan didekatkan dengan alat elektronik lain, maka ponsel akan mengeluarkan suara aneh.
Cara mengetahui HP disadap adalah menyadari beberapa aktivitas yang mencurigakan di ponsel. Jika kamu menemukan ciri-ciri seperti di atas, tandanya ponsel memang sedang disadap.
(NSF)