Tekno & Sains
·
14 September 2021 20:16
·
waktu baca 2 menit

Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Terkirim

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Terkirim (394121)
searchPerbesar
Ilustrasi cara menghapus pesan WA. Foto: Dado Ruvic/Reutersfw
Cara menghapus pesan WA sangat sederhana. Bahkan, WhatsApp memiliki fitur untuk menarik pesan agar penerimanya tidak dapat membaca pesan tersebut lagi.
ADVERTISEMENT
Kemungkinan besar, typo saat mengirim chat di aplikasi pesan ini sangat sering terjadi, sehingga banyak pengguna yang ingin menghapus pesannya.
Selain itu, menghapus pesan yang sudah tidak penting lagi dilakukan untuk mengosongkan memori penyimpanan. Lalu, isi chat WhatsApp pun menjadi lebih bersih dan kamu akan lebih mudah menemukan chat yang ingin dicari.

Cara Menghapus Pesan WA Secara Permanen

Berikut ini adalah tutorial cara menghapus pesan WA untuk diri sendiri dan semua orang, dikutip dari Pusat Bantuan WhatsApp:

1. Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Terkirim Lama untuk Diri Sendiri

Cara menghapus pesan WA untuk diri sendiri sangatlah mudah. Jadi, kamu hanya perlu melakukan beberapa klik saja. Berikut ini adalah caranya:
ADVERTISEMENT
  1. Jika kamu ingin menghapus beberapa pesan, klik obrolan tersebut, kemudian klik ikon berlogo sampah di bagian atas.
  2. Lalu, jika kamu ingin menghapus semua obrolan dengan orang tertentu, maka bisa tekan yang lama pada kontak orang tersebut di beranda WhatsApp. Setelah itu, klik ikon sampah di bagian atas.
  3. Namun, langkah kedua tidak berlaku untuk chat grup. Untuk menghapus seluruh chat yang ada di grup, kamu perlu membuka grup tersebut. Kemudian, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih 'Lainnya'. Nantinya, kamu akan melihat opsi 'Bersihkan Chat'.
  4. Selanjutnya, akan muncul jendela konfirmasi. Kamu bisa klik tulisan 'Hapus' untuk melanjutkan.
Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Terkirim (394122)
searchPerbesar
Cara menghapus pesan WA. Foto: Umar Tusin/Kumparan

2. Cara Menghapus Pesan WA untuk Semua Orang

WhatsApp menyediakan fitur hapus pesan untuk semua orang. Jika pengirim ingin menarik pesannya, maka mereka tidak dapat membaca isi chat tersebut.
ADVERTISEMENT
Nantinya, notifikasi yang muncul di pihak penerima adalah "Pesan ini telah dihapus". Kamu bisa menggunakan fitur tersebut dengan cara:
Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Terkirim
Cara menghapus WA yang sudah terkirim masih bisa dihilangkan. Kamu bisa menghapus pesan tersebut untuk diri sendiri dan semua orang. Untuk menghapus pesan ke semua orang, berikut adalah tutorialnya.
1. Buka Pesan yang Ingin Dihapus
Buka pesan yang ingin kamu tarik. Lalu, tekan yang lama pada pesan tersebut. Kemudian, akan muncul ikon sampah di pojok kanan atas.
2. Hapus Pesan Tersebut
Klik ikon tersebut, kemudian akan muncul jendela pilihan. Setelah itu, klik 'Hapus untuk Semua Orang'.
Jika kamu ingin menghapus pesan untuk semua orang, maka harus menggunakan WhatsApp versi terbaru. Cara ini juga tidak menutup kemungkinan jika penerima telah membaca pesan yang kamu kirim sebelum menghapusnya.
Selain itu, fitur ini juga hanya berlaku untuk sekitar satu jam saja setelah pesan terkirim. Jika sudah melebihi satu jam, maka kamu tidak bisa menarik pesan tersebut lagi.
Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Terkirim (394123)
searchPerbesar
Ilustrasi melakukan cara menghapus pesan WA. Foto: Christian Wiediger via Unsplash
Itulah cara menghapus pesan di WA yang mudah. Selain pesan sendiri, kamu juga bisa menghapus pesan yang terkirim untuk semua orang. Jika kamu typo saat mengirim pesan, maka masih bisa menariknya.
ADVERTISEMENT
(NSF)