Cara Menonaktifkan Google Smart Lock

Konten dari Pengguna
18 Januari 2022 8:41
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Menggunakan Kata Sandi di Android. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Menggunakan Kata Sandi di Android. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Cara menonaktifkan Google Smart Lock bisa dilakukan jika sudah tidak memerlukan fitur tersebut. Biasanya, fitur ini digunakan untuk menyimpan kata sandi akun Google secara otomatis.
ADVERTISEMENT
Google Smart Lock merupakan salah satu layanan dari sebuah fitur yang dikembangkan oleh Google untuk menyimpan password yang tersimpan di akun Google.
Tentunya, hal ini akan memberikan keamanan pada akun aplikasi yang kamu punya, serta akun media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan sebagainya.
Pada intinya, saat kamu membuka aplikasi dan mengharuskan login, maka kamu tidak perlu repot memasukkan kata sandi secara manual. Kamu cukup menyinkronkan kata sandi yang tersimpan di Google Smart Lock.
Namun, jika kamu sudah tidak memerlukan fitur dan layanan ini, maka bisa menonaktifkannya lewat Android. Untuk itu, simak artikel dari How To Tekno kali ini untuk tahu cara menonaktifkan Google Smart Lock Xiaomi dan lainnya.
ADVERTISEMENT

Cara Menonaktifkan Google Smart Lock

Hampir semua smartphone sudah tersedia fitur Google Smart Lock, karena untuk perangkat saat ini biasanya sudah tersematkan aplikasi Google dan mengharuskan kamu untuk login dengan menggunakan akun Google.
Mengutip laman resmi Support Google, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk mematikan fitur dan layanan Google Smart Lock.

1. Lewat Pengaturan Android

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menonaktifkan fitur dan layanan ini dengan mengubah setting di pengaturan Android. Berikut adalah cara menonaktifkan Google Smart Lock di Instagram:
Cara Menonaktifkan Google Smart Lock
Cara menonaktifkan Google Smart Lock dapat dilakukan melalui pengaturan Android dan Google Chrome. Untuk mematikannya, kamu bisa cek tutorialnya di bawah ini.
1. Buka Aplikasi Setelan di Android
Buka aplikasi Setelan di Android yang kamu gunakan. Ketuk 'Keamanan' lalu 'Setelan lanjutan', pilih 'Smart Lock'.
2. Masukkan PIN, Pola, dan Kata Sandi
Masukkan PIN, pola, atau sandi, kemudian ketuk 'Deteksi pada Tubuh'. Lalu, nonaktifkan 'Gunakan Deteksi pada Tubuh' dan hapus semua perangkat di 'Tempat Percaya' dan 'Perangkat Tepercaya'.
Beberapa kata sandi yang bisa kamu simpan pada Gooogle Smart Lock adalah password media sosial Instagram, Twitter, Netflix, Facebook, dan sebagainya.
Dengan menggunakan fitur Google Smart Lock, kamu telah menyinkronkan kata sandi kamu untuk semua perangkat apa pun.
ADVERTISEMENT

2. Lewat Chrome

Cara Menonaktifkan Google Smart Lock. Foto: Firmbee Com/unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Cara Menonaktifkan Google Smart Lock. Foto: Firmbee Com/unsplash
Selain itu, kamu juga bisa mematikan Google Smart Lock hanya dengan mengikuti beberapa langkah berikut. Jadi, ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk menonaktifkan fitur ini di Chrome:
  1. Pertama-tama, buka pengaturan Chrome dengan cara klik tiga titik yang ada di sudut kanan atas browser Chrome yang kamu gunakan.
  2. Lalu, di bawah bagian 'Isi Otomatis' klik 'Kata Sandi'. Nantinya, kamu akan melihat dua opsi, pertama adalah 'Tawarkan untuk menyimpan kata sandi', dan yang kedua adalah 'Masuk Otomatis'. Hapus centang pada kedua opsi.
Ketika kamu ingin mengakses media sosial, maka tidak perlu untuk memasukkan ulang kata sandi secara manual. Sebab, kamu akan login secara otomatis dengan bantuan Google Smart Lock yang terhubung dengan akun media sosial milikmu.
ADVERTISEMENT
Demikian tutorial mudah cara menonaktifkan Google Smart Lock yang bisa kamu praktikkan jika sudah tidak memerlukan fitur dan layanan ini.
(SAN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·