Tekno & Sains
·
10 Juni 2021 19:19
·
waktu baca 1 menit

Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri (110323)
Ilustrasi melakukan cara menyimpan video dari Facebook ke galeri (Foto: Joyce Busola via Unsplash)
Cara menyimpan video dari Facebook ke galeri cukup dibutuhkan untuk beberapa keperluan. Misalnya, kamu ingin membagikan video di media sosial.
ADVERTISEMENT
Lalu, cara untuk menyimpan video dari Facebook ke galeri juga disebabkan pengguna menemukan kembali video masa lalu yang sudah hilang dari penyimpanan PC atau laptop.
Media sosial Facebook memang selalu memberikan notifikasi untuk mengingatkan penggunanya mengenai peristiwa yang dulu pernah terjadi pada waktu tertentu.
Sebenarnya, Facebook tidak menyediakan cara menyimpan video ke galeri. Jadi, kamu harus menggunakan bantuan browser di perangkat yang kamu gunakan saat ini.
Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri (110324)
Ilustrasi melakukan cara menyimpan video dari Facebook ke galeri (Foto: Austin Distel via Unsplash)

Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri HP

Berikut ini adalah tutorial atau cara mudah menyimpan video dari Facebook ke galeri, dikutip dari Business Insider:
  1. Buka Facebook melalui browser di laptop atau PC.
  2. Selanjutnya, masuk ke halaman video yang ingin disimpan. Lalu, bagaimana cara menyimpan video dari Facebook ke galeri bisa dilakukan.
  3. Mulai dan putar video seperti biasanya.
  4. Setelah video dimulai, klik kanan pada sembarang lokasi video. Jika muncul beberapa pilihan, maka kamu cukup mengklik pilihan ‘Show Video URL’.
  5. Setelah itu, lanjutkan cara menyimpan video dari Facebook ke galeri dengan aplikasi. Kamu bisa klik alamat URL dan copy/ tekan “CTRL + C”.
  6. Buka halaman baru pada peramban. Paste alamat yang sudah disimpan tadi dengan menekan “CTRL + V”. Namun, kamu tidak boleh langsung klik untuk masuk tautan sebelumnya.
  7. Sebelumnya, hapus tulisan “www” yang ada di bagian depan alamat URL. Kemudian, ketik “mbasic” untuk menggantikan “www” yang dihapus.
  8. Klik ‘Enter’ dan masuk ke halaman baru yang muncul pada peramban. Video akan kembali dengan format yang berbeda pada layar laptop.
  9. Mulai dan putar video kembali video tersebut.
  10. Selanjutnya, klik kanan pada tampilan video. Pilih ‘Save Video As..’ dari berbagai pilihan yang tersedia.
  11. Pilih lokasi penyimpanan dan beri nama pada video dari Facebook yang akan diunduh.
  12. Langkah terakhir cara menyimpan video dari Facebook ke galeri HP iPhone atau Android adalah klik ‘Save’ untuk menyimpannya ke galeri.
Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Galeri (110325)
Tamilan layar cara menyimpan video dari Facebook ke galeri (Foto: Dave Johnson/Business Insider)
Sebelum melakukan cara mudah menyimpan video dari Facebook ke galeri, kamu harus memastikan jika video tersebut telah mendapatkan izin dari pemilik aslinya.
ADVERTISEMENT
Hal itu bertujuan agar kamu terhindar dari tindakan ilegal. Sebab, seluruh video di Facebook dibagikan oleh pemilik aslinya. Jadi, jangan sungkan untuk meminta izin terlebih dahulu.
Demikian cara menyimpan video dari Facebook ke galeri yang sangat mudah dan praktis. Kamu juga bisa mengunduh video masa lalu dan bernostalgia. Selamat mencoba!
(RKW)