Tekno & Sains
·
20 April 2021 15:10

Cara Merekam Layar Laptop dengan Suara, Pakai Ini Saja

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Merekam Layar Laptop dengan Suara, Pakai Ini Saja (56656)
Ilustrasi pengguna mempraktikan cara merekam layar laptop dengan suara (Foto: Asus).
Cara merekam layar laptop dengan suara menjadi kebutuhan penting. Saat ini, sudah banyak aplikasi khusus merekam layar laptop. Namun, aplikasi itu tidak dilengkapi dengan fitur perekam suara.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, ada aplikasi perekam layar laptop yang dilengkapi dengan suara. Bahkan, aplikasi tersebut hadir dalam versi berbayar dan gratis.
Kamu juga bisa mengunduh aplikasinya dengan bebas di internet. Setelah mengunduh aplikasi itu, pengguna perlu memahami cara merekam layar laptop dengan suara internal atau eksternal agar dapat dipraktikkan secara langsung.

Cara Merekam Layar Laptop dengan Suara dan Wajah

Cara merekam layar laptop dengan suara eksternal tidaklah sulit. Berikut ini adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan:
1. Bandicam
Bandicam menawarkan versi gratis dan berbayar. Tentunya, versi berbayar menawarkan keunggulan dibanding versi gratis. Pengguna pun tinggal memilih versi yang dibutuhkan, kemudian mengunduh dan meng-install pada laptop.
Cara merekam layar laptop dengan suara menggunakan Bandicam bisa dilakukan setelah aplikasi terpasang.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari situs resmi Bandicam, langkah pertama adalah memilih Video’ pada bar di sebelah kiri. Lalu, klik ‘Settings’ untuk mengatur pengaturan yang diinginkan.
Setelah halaman ‘Settings’ muncul, pilih bagian ‘Sound’. Selanjutnya, atur ‘Speakers’ dan ‘Microphone’ untuk merekam suara yang diinginkan.
Supaya suara video atau pembicaraan di webinar dapat terekam, klik ‘Settings’ di sebelah kanan ‘Speakers’. Lalu, pilih ‘Do Nothing’.
Kamu sudah bisa memulai perekaman layar laptop dan suara akan terekam secara otomatis.
2. Open Broadcasting Software
Aplikasi yang dikenal dengan OBS ini bisa digunakan di seluruh sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux secara gratis.
Setelah mengunduh dan meng-install OBS, cara merekam layar laptop dengan suara dapat dilakukan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah klik ‘Settings’ pada bar di bagian atas, kemudian pilih ‘Audio’.
ADVERTISEMENT
Nantinya, muncul pop-up ‘Enable surround sound audio?’. Setelah itu, klik ‘OK’ untuk mengaktifkan perekaman suara.
Pengguna tinggal melakukan restart aplikasi OBS untuk langsung merekam layar laptop dengan suara.
Cara merekam layar laptop dengan suara hanya membutuhkan dua aplikasi saja. Kedua aplikasi tersebut memiliki keunggulan masing-masing.
(RKW)