Tekno & Sains
·
21 April 2021 15:59

Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Software, Bisa Dicoba!

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Software, Bisa Dicoba! (30941)
Ilustrasi penggunaan cara merekam layar laptop tanpa software (Foto: Asus).
Cara merekam layar laptop tanpa software menjadi dambaan para pengguna. Jadi, mereka tak perlu menyediakan software atau aplikasi tambahan untuk merekam layar.
ADVERTISEMENT
Pengguna seringkali merasa kesulitan saat mengunduh aplikasi baru. Gangguan jaringan internet biasanya menjadi alasan utama saat mengunduhnya.
Kini sudah ada aplikasi perekam layar laptop tanpa batas waktu di sistem operasi Windows yang dikembangkan oleh Microsoft.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Software

Cara merekam layar laptop Windows 10 sudah bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum merekam, kamu disarankan untuk mengatur detail video hasil rekaman yang diinginkan.
Langkah ini dimulai dengan cara membuka ‘Settings’, kemudian pilih ‘Gaming’. Pada halaman baru, klik saja ‘Captures’ di bar sebelah kiri.
Setelah itu, ada beberapa pengaturan yang bisa diikuti pengguna. Pertama, pilih lokasi yang akan digunakan untuk menyimpan video.
Kemudian, ada pilihan durasi perekaman layar. Windows 10 menawarkan waktu selama 30 menit, satu jam, dua jam hingga empat jam.
ADVERTISEMENT
Lalu, pilih kualitas audio yang dibutuhkan. Pilihlah kualitas minimal 96kbps, kualitas sedang 128kbps (direkomendasikan), serta kualitas maksimal 160kbps dan 192kbps.
Terakhir, kamu dapat memilih kualitas video. Pilihan frame per second yang tersedia adalah 30fps dan 60fps.
Setelah itu, kualitas video yang bisa dipilih adalah ‘Standard’ dan ‘High’.
Jika proses pengaturan sudah selesai, cara merekam layar laptop dan wajah sudah siap dilakukan.

Merekam Layar Laptop di Windows 10

Mengutip laman bantuan Microsoft, merekam layar laptop tanpa software sangatlah mudah. Pertama, kamu bisa tekan logo Windows + G pada tombol di laptop. Setelah itu, Xbox Game Bar akan terbuka.
Klik logo ‘Record From Now’ yang berbentuk lingkaran untuk merekam layar laptop.
ADVERTISEMENT
Xbox Game Bar juga bisa digunakan untuk mode full screen. Mode ini diaktifkan dengan cara menekan tombol logo Windows, ALT, dan huruf G.
Jika ingin mengakhiri perekaman, tinggal klik logo ‘Stop Recording’ yang berbentuk kotak.
Setelah selesai, video yang berhasil direkam akan muncul di folder ketika mengatur ‘Settings’.
Cara merekam layar laptop tanpa software di atas cukup mudah dilakukan. Jadi, kamu tak perlu mengunduh dan menggunakan software.
(RKW)