Tekno & Sains
·
22 April 2021 15:45

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10, Tak Perlu Aplikasi

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Merekam Layar Laptop Windows 10, Tak Perlu Aplikasi (90877)
Windows 10. Foto: Bolly Holly Baba via Flickr
Bagi kalian yang mencari tutorial atau cara merekam layar laptop Windows 10, maka harus membaca artikel ini. Kamu tidak membutuhkan aplikasi screen recorder dari pihak ketiga.
ADVERTISEMENT
Terdapat beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan merekam layar laptop, seperti membuat tutorial, presentasi, atau membuat konten game di YouTube.
Banyak sekali aplikasi screen recorder laptop yang tersedia, mulai dari gratis hingga berbayar. Masing-masing aplikasi memiliki fitur yang berbeda.
Bagi kamu yang menggunakan Windows 10, maka bisa menikmati fitur terbarunya, yaitu Xbox Game bar.
Melalui fitur tersebut, kamu bisa merekam layar komputer tanpa harus menginstal aplikasi perekam layar, terutama bagi gamer.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi

Cara merekam layar laptop tanpa aplikasi tak sulit dilakukan. Kamu hanya perlu melakukan beberapa cara agar bisa merekam layar laptop.
Berikut ini adalah cara merekam layar dan suara di laptop Windows 10:
ADVERTISEMENT
1. Sebelum melakukan screen recorder, pastikan fitur 'Game Bar' di laptop sudah aktif. Caranya, masuk ke ‘Setting’ melalui ‘Start’ dan pilih ‘Gaming’. Pada bagian kiri, pilih saja ‘Xbox Game Bar’ dan ‘Aktif’.
Cara Merekam Layar Laptop Windows 10, Tak Perlu Aplikasi (90878)
Cara merekam layar laptop Windows 10. Foto: Nada Shofura
2. Jika kamu ingin merekam game, pastikan telah mengaktifkan fitur ‘Record in the background while I’m playing a game’. Namun, menjalankan screen recorder saat bermain game akan mempengaruhi kualitas game yang sedang dimainkan.
Cara Merekam Layar Laptop Windows 10, Tak Perlu Aplikasi (90879)
Cara merekam layar laptop Windows 10. Foto: Nada Shofura
3. Selanjutnya, jalankan aplikasi ‘Xbox Game Bar’ dengan menekan tombol ‘Windows+G’ pada keyboard. Tampilannya akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Klik ikon Webcam (terletak di bagian paling tengah), lalu klik ikon berbentuk titik besar. Kini screen recorder Xbox Game Bar sudah berjalan.
Cara Merekam Layar Laptop Windows 10, Tak Perlu Aplikasi (90880)
Cara merekam layar laptop Windows 10. Foto: Nada Shofura
4. Jika sudah selesai melakukan screen recorder, kamu bisa klik ikon berbentuk persegi. Hasil rekaman layar otomatis akan tersimpan.
ADVERTISEMENT
Itulah cara merekam layar laptop Windows 10 melalui Xbox Game Bar. Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk merekam layar laptop.
(NSF)