Tekno & Sains
·
31 Mei 2021 20:34
·
waktu baca 1 menit

Cara Repair Windows 10 yang Corrupted

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cara Repair Windows 10 yang Corrupted (26345)
searchPerbesar
Ilustrasi pengguna yang membutuhkan cara repair Windows 10 (Foto: Unsplash).
Cara repair Windows 10 harus diketahui dan dipahami untuk memperbaiki sistem operasi yang corrupted.
ADVERTISEMENT
Sistem operasi yang corrupted bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kehilangan daya, laptop mati tiba-tiba, dan kerusakan hard disk dapat membuat kejadian tersebut kamu alami.
Selain itu, serangan virus seperti malware, ransomware, dan lainnya juga dapat membuat sistem operasi menjadi corrupted.
Sebelum kerusakan menyebar di perangkat lunak dan perangkat keras, kamu harus melakukan cara masuk repair Windows 10 untuk memperbaiki sistem operasi dan aplikasi yang digunakan.
Microsoft memberikan rekomendasi dan tips agar cara repair Windows 10 dilakukan dengan jaringan internet untuk mengunduh pembaruan yang diperlukan.

Cara Repair Windows 10 dengan CMD

Cara startup repair Windows 10 yang pertama dapat kamu lakukan melalui Command Prompt atau CMD.
Berikut ini adalah cara repair Windows 10 tanpa instal ulang dengan Command Prompt:
ADVERTISEMENT
  1. Buka Command Prompt atau CMD melalui ‘Start’ pada logo Windows di pojok kiri bawah layar laptop.
  2. Jika Command Prompt sudah terbuka, maka lanjutkan dengan menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM). Untuk menjalankan DISM, perintah yang harus kamu ketik pada CMD adalah “DISM.exe /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth”.
  3. Kemudian, lanjutkan cara masuk startup repair Windows 10 dengan menjalankan System File Checker. Kamu bisa membukanya dengan mengetikkan perintah “sfc /scannow” pada Command Prompt.
  4. System File Checker tersebut akan melakukan pemindaian menyeluruh dan mengganti sistem yang korup. Kamu harus menunggu proses ini hingga selesai 100% agar cara mengatasi automatic repair Windows 10 berhasil.
Cara Repair Windows 10 yang Corrupted (26346)
searchPerbesar
Cara repair Windows 10 dengan Command Prompt (Foto: Microsoft).
Jika kamu merasa repair Windows 10 dengan Command Prompt ini cukup merepotkan, maka ada beberapa langkah lainnya yang bisa diikuti.
ADVERTISEMENT

Cara Repair Windows 10 Tanpa Menghilangkan Data dengan Troubleshoot

Cara ini dinilai lebih mudah dan praktis dilakukan. Kamu hanya perlu membuka pengaturan untuk melakukan langkah-langkah berikut ini.
Inilah tutorial cara repair Windows 10 saat booting dengan Troubleshoot:
  1. Pertama, buka halaman pengaturan. Klik ‘Start’ atau logo Windows di pojok kiri bawah layar. Kemudian, pilih opsi ‘Settings’ untuk membuka halaman pengaturan.
  2. Pada halaman pengaturan yang sudah terbuka, temukan pilihan ‘Update & Security’ yang biasanya ada di bagian paling terakhir. Klik opsi tadi untuk masuk ke halaman pembaruan dan keamanan.
  3. Perhatikan panel sebelah kiri. Klik ‘Troubleshoot’ untuk melanjutkan cara repair Windows 10 dengan Troubleshoot.
  4. ‘Troubleshoot’ ini akan memperlihatkan beberapa kerusakan yang terjadi pada komputer. Selanjutnya, kamu bisa memilih masalah yang ingin kamu atasi satu per satu.
  5. Setelah itu, klik ‘Run The Troubleshooter’ untuk membuka pemecah masalah ini.
  6. Jika kotak dialog ‘Troublershooter’ muncul, kamu harus memberi izin dan jawaban untuk pertanyaan yang diberikan.
  7. Kamu mungkin akan diminta melakukan pembaruan aplikasi atau sistem operasi agar repair Windows 10 dengan Troubleshooter ini berhasil.
Cara Repair Windows 10 yang Corrupted (26347)
searchPerbesar
Cara repair Windows 10 dengan Troubleshoot (Foto: Microsoft).
Selain memperbaiki sistem operasi yang corrupted, Troubleshoot ini juga dapat kamu gunakan untuk memastikan sistem operasi yang digunakan tidak mengalami kerusakan.
ADVERTISEMENT
Jika sistem operasi dan aplikasi yang kamu gunakan tidak bermasalah, maka halaman Troubleshoot akan terlihat seperti pada tangkapan layar berikut ini.
Cara Repair Windows 10 yang Corrupted (26348)
searchPerbesar
Laptop tanpa sistem operasi yang corrupted (Foto: Robertus Krisnanda).
Demikian cara repair Windows 10 yang harus segera kamu lakukan pada sistem operasi yang corrupted untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
(RKW)