Cara Reset Mesin Cuci Electrolux dan Daftar Kode Erornya

Konten dari Pengguna
29 Maret 2023 18:44
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Iustrasi cara reset mesin cuci Electrolux. Foto: Unsplash.com.
zoom-in-whitePerbesar
Iustrasi cara reset mesin cuci Electrolux. Foto: Unsplash.com.
Cara reset mesin cuci Electrolux dibutuhkan ketika terjadi eror ringan. Dengan cara ini, kode kesalahan pada mesin cuci akan hilang dan bisa dipakai kembali secara normal.
Mesin cuci Electrolux merupakan salah satu merek global yang bersaing dengan merek elektronik terkenal lainnya. Menurut laman resminya, mesin cuci merek ini menawarkan penggunaan listrik yang lebih irit dengan kualitas produk yang andal.
Perusahaan tersebut juga menyediakan banyak varian kapasitas yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Meskipun begitu, hal ini tak membuat mesin cuci Elextrolux bebas dari kendala.
Terkadang pengguna menemukan kode eror yang membuat mesin cuci tidak bisa dipakai secara optimal. Beberapa kendala tersebut perlu direset ulang ke pengaturan pabrik.

Cara Reset Mesin Cuci Electrolux

Ilustrasi cara reset mesin cuci Elektrolux. Foto: Unsplash.com.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara reset mesin cuci Elektrolux. Foto: Unsplash.com.
Menurut Hifi Beast, kendala umum yang terjadi pada mesin cuci di antaranya papan kontrol macet, selang pembuangan atau pompa tersumbat pakaian kecil atau kotoran, dan masalah kecil lainnya.
Dikutip dari laman Appliance Online, cara reset mesin cuci Electrolux bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Matikan mesin cuci terlebih dahulu dengan menekan tombol power.
  2. Hentikan aliran listrik dengan mencabut kabel Power pada stopkontak untuk menghentikan aliran arus listrik dan diamkan sekitar 10 menit.
  3. Sambungkan kembali kabel Power pada stopkontak lalu tekan dan tahan tombol Start dan Pause.
  4. Putar Cycle mesin cuci searah jarum jam tanpa pakaian hingga mesin cuci berkedip dan berbunyi bip.
  5. Lepaskan tombol Pause dan Start, lihat apakah air terkuras atau tidak.
  6. Jika berhasil, cara reset ulang mesin cuci Electrolux berhasil. Selanjutnya atur mesin cuci sesuai pengaturan yang diinginkan.
Demikian cara reset mesin cuci Electrolux yang bisa dilakukan untuk semua tipe. Selanjutnya, How To Tekno juga merangkum kode eror mesin cuci Electrolux yang perlu diketahui pengguna di bawah ini.

Daftar Kode Eror Mesin Cuci Electrolux

Ilustrasi kode error mesin cuci Electrolux. Foto: Shuttertstock.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kode error mesin cuci Electrolux. Foto: Shuttertstock.
Mesin cuci Electrolux dilengkapi sistem yang bisa menampilkan kode kesalahan saat ada masalah yang terdeteksi. Kode tersebut dapat memberikan informasi tentang penyebab masalah yang terjadi pada mesin cuci.
Beberapa kode bisa diselesaikan dengan cara reset ulang. Dihimpun dari laman electrolux-com, berikut kode error mesin cuci Electrolux.

1. E10

Kode ini menunjukkan bahwa mesin cuci tidak menerima air. Kendala tersebut bisa terjadi karena katup saluran masuk air rusak atau selang pasokan air tersumbat.

2. E11

Kode ini menunjukkan bahwa mesin tak bisa mengalirkan air karena pompa pembuangan tersumbat, selang pembuangan tidak berfungsi, atau pompa pembuangan rusak.

3. E12

Kode ini menunjukkan bahwa mesin cuci tidak terisi air selama fase pembilasan. Untuk menghapus kode tersebut, pastikan keran dihidupkan dan cek apakah selang ada penyumbatan atau tidak.

4. E40

Kode kesalahan ini menunjukkan pintu mesin tidak tertutup dengan benar. Cek dan pastikan pintu tertutup rapat.

5. E50

Kode eror ini menunjukkan adanya masalah dengan motor mesin. Kendala ini disebabkan oleh motor yang rusak, papan kontrol motor, atau kabel yang bermasalah.

6. E60

Kode ini menandakan bahwa ada masalah dengan sistem pemanas mesin karena termostat tidak berfungsi.
Demikian cara reset mesin cuci Electrolux dan kode eror yang muncul. Semoga informasi di atas membantu.
(IPT)
Apa keunggulan mesin cuci Electrolux?
chevron-down
Apa kendala mesin cuci membutuhkan reset ulang?
chevron-down
Apa arti kode error E10?
chevron-down