Cara Reset Modem IndiHome Sendiri di Rumah

Konten dari Pengguna
6 Januari 2022 20:08
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara reset modem IndiHome. Foto: IndiHome
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara reset modem IndiHome. Foto: IndiHome
ADVERTISEMENT
Cara reset modem IndiHome bisa dilakukan saat jaringan internet mengalami masalah. Saat ini, internet IndiHome menjadi kebutuhan penting untuk setiap aktivitas mulai dari bekerja, sekolah, dan hiburan. Terlebih di saat pandemi yang mengharuskan masyarakat beraktivitas dirumah dan penggunaan internet menjadi meningkat.
ADVERTISEMENT
Fenomena ini menjadikan Telkom terus berinovasi untuk membuat jaringan internet di dalam rumah, yaitu IndiHome.
IndiHome merupakan singkatan dari Indonesia Digital Home yang menjadi salah satu produk layanan komunikasi dan data, seperti telepon rumah, internet, dan layanan televisi interaktif. Hampir setiap rumah memasang jaringan WiFi IndiHome.
Namun, tak jarang para pengguna juga mengeluhkan adanya kendala pada koneksi internet mereka. Salah satu solusi dalam mengatasi kendala tersebut adalah cara hard reset modem IndiHome.

Cara Reset Modem IndiHome Huawei dan Lainnya

Ilustrasi cara reset modem IndiHome. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara reset modem IndiHome. Foto: Pexels
Mengutip laman resmi IndiHome, terdapat beberapa metode untuk melakukan restart WiFi IndiHome sesuai dengan modem yang digunakan. Simak penjelasan cara reset modem IndiHome fiberhome:

1. Cara Reset Modem IndiHome Versi Huawei

Sebelum melakukan reset modem HUAWEI, pastikan modem dalam keadaan menyala atau nyalakan terlebih dahulu dengan menggunakan tombol Power. Jika sudah menyala, ikuti langkah-langkah berikut ini:
ADVERTISEMENT
  • Tekan Tombol atau Lubang Reset Modem
Tekan tombol atau lubang reset selama 3-5 detik menggunakan benda runcing, seperti jarum atau tusuk gigi. Tunggu hingga modem mati dan hidup kembali.
Kemudian, buka browser dan login ke IP Modem 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 dengan username dan password yang terdapat pada bagian bawah modem yang kamu gunakan.
  • Sesuaikan WAN dengan Angka Tertentu
Cara Reset Modem IndiHome Sendiri di Rumah
Cara reset modem IndiHome adalah menekan tombol atau lubang reset modem. Lalu, sesuaikan WAN dengan angka tertentu. Setelah itu, isi username dengan nomor internet.
1. Login dan Pilih Menu Basic
Setelah berhasil login, pilih menu 'Basic'. Kemudian, sesuaikan 'WAN', 'Enable WAN Connection, VPI/VCI isi dengan angka 3/63. Selain itu, sesuaikan juga bagian 'Port Binding', Connection type IPoe, NAT = NAPT.
2. Isi Address Type dengan DHCP
Untuk 'Addres type' diisi dengan DHCP, 'Service type UBR without PCR', 'Encapsulation Mode LLC', dan MTU auto, lalu 'Submit'. Kemudian, untuk VPI/VCI isi dengan 8/81.
  • Isi Username dengan Nomor Internet
Selanjutnya, beri centang pada LAN 1 dan LAN 2 SSID 1 dan isi username dengan nomor internet yang kamu gunakan, serta masukkan password berupa huruf dan angka yang diberikan oleh pihak IndiHome saat awal berlangganan. Isi nilai PPP MTU dengan 1492, yaitu batas maksimal. Kemudian, untuk 'Session established by' pilih 'Alway ON' dan klik 'Next'.
ADVERTISEMENT
Langkah terakhir adalah klik ‘Finish’, kemudian modem akan melakuakn restart dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Bagi kamu pengguna versi ZTE bisa melakukan cara di atas.
Demikian ulasan mengenai cara reset modem IndiHome dengan mudah yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus memanggil teknisi.
(DEEM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·