Cara Setting PCSX2 agar Tidak Lag di Windows

Konten dari Pengguna
25 September 2023 12:47 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara setting PCSX2 agar tidak lag. Foto: twitter.com/PCSX2
ADVERTISEMENT
Cara setting PCSX2 agar tidak lag bisa diikuti pengguna sehingga pengalaman bermain gim PlayStation 2 semakin baik. Pengguna tak akan menjumpai gim tersendat di tengah permainan ketika mengetahui pengaturan yang tepat untuk perangkatnya.
ADVERTISEMENT
Untuk lebih jelasnya, pengguna bisa menyimak artikel ini yang akan membahas cara setting PCSX agar tidak lag di Windows. Sebelumnya, How To Tekno akan menjelaskan apa itu PCSX2 di bawah ini.

Sekilas tentang PCSX2

Ilustrasi cara setting PCSX2 agar tidak lag. Foto: twitter.com/PCSX2
Menurut laman emulatorclub.com, PlayStation 2 adalah konsol gim terlaris sepanjang masa. Tercatat konsol gim tersebut terjual lebih dari 155 juta dengan jumlah gim yang sudah mencapai 4 ribu.
Penggemar gim PS2 yang tak memiliki konsol ini bisa memanfaatkan aplikasi emulator yang diinstal di Windows. Salah satu aplikasi emulator PS2 yang bisa digunakan adalah PCSX2.
Berdasarkan laman resminya pcsx2.net, emulator ini bisa diperoleh secara gratis dan bersumber terbuka. PCSX2 bisa diinstal dari Windows, Linux, dan macOS yang mendukung beragam video gim PS2.
ADVERTISEMENT

Cara Setting PCSX2 agar Tidak Lag di Windows

Ilustrasi cara setting PCSX2 agar tidak lag. Foto: Unsplash
PCSX2 menghadirkan kompatibilitas dan fungsional yang tinggi. Namun, saat gim dijalankan aplikasi ini dilaporkan mengalami lag. Hal ini bisa diatasi dengan mengubah pengaturan aplikasi agar sesuai dengan perangkat masing-masing.
Merangkum dari droidharvest.com, di bawah ini cara setting PCSX2 agar tidak lag di perangkat Windows:

1. Buka Aplikasi PCSX2

Buka aplikasi PCSX2 yang terinstal di komputer atau laptop. Untuk mengunduh gim ini, buka tautan pcsx2.net/downloads.

2. Setting Video (GS)

Pengaturan PCSX2 yang pertama di bagian Video (GS). Pengguna bisa mengetuk opsi 'Config' lalu pilih 'Video (GS). Kemudian, ketuk 'Plugin Settings'.
Pada bagian 'Adapter', isi sesuai kartu grafis yang digunakan di komputer masing-masing. Lalu, di bagian 'Refender', pilih 'Direct3D11 (Hardware)'. Apabila tak ada opsi tersebut, pilih 'Direct3D10' atau 'Direct3D9'.
ADVERTISEMENT

3. Setting Audio (SPU2)

Pengaturan audio juga perlu diperhatikan agar tak terjadi lag. Pengguna bisa membuka bagian 'Config' lalu pilih 'Audio (SPU2). Kemudian isi seperti petunjuk di bawah:

4. Setting Emulation

Selanjutnya, ubah pengaturan Emulation. Pada bagian 'Configuration', ketuk 'Emulation settings'. Pengguna bisa menggunakan opsi 'Default' untuk 'EE.IOP' dan 'VUs' untuk mendapatkan performa tampilan gim yang baik.
Lalu, ketuk 'GS' dan mengubah pengaturannya sesuai petunjuk di bawah:
Pada bagian pengaturan Speedhacks, centang bagian 'Enable Speedhack', 'Enable INTC Spin Detection', 'Enable Wait Loop Detection', 'mVU Flag Hack', dan 'MTVU (Multi-Threaded microVU1).
ADVERTISEMENT
(NSF)