Tekno & Sains
·
11 Juni 2021 10:40
·
waktu baca 2 menit

Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah!

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah! (12918)
Ilustrasi anak belajar bahasa Inggris Foto: Shutterstock
Cek grammar bahasa Inggris kini tidak sulit dilakukan. Kamu tidak membutuhkan ahli untuk mengecek tulisan berbahasa Inggris yang baru saja dikerjakan.
ADVERTISEMENT
Grammar merupakan istilah yang ditujukan pada kalimat dengan struktur yang baik dan benar.
Namun, tak semua orang mampu dan memahami grammar. Sebagian mahasiswa seringkali dituntut untuk membuat artikel berbahasa Inggris. Lalu, artikel itu harus menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Bagi kamu yang belum tahu, kini bisa cek kesalahan grammar dengan mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Bahkan, Microsoft Word juga menyediakan fitur untuk mengecek grammar.
Selain itu, ada banyak situs yang bisa kamu gunakan untuk cek grammar online:

Cara Cek Grammar di Word

Jika ingin cek grammar di Ms Word, maka secara otomatis akan memberikan tanda pada ejaan, tata bahasa atau grammar, dan gaya bahasa yang bermasalah dengan garis bawah.
ADVERTISEMENT
Jika kamu menemukan kata yang terdapat garis bawah merah, bisa jadi ejaan kata tersebut salah. Pada kalimat 'product' di bawah ini, digaris bawahi biru yang menandakan ada masalah pada grammar.
Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah! (12919)
Cara cek grammar di Microsoft Word. Foto: Microsoft
Jika ingin mengetahui kata yang benar, kamu bisa klik kanan pada kata yang digaris bawahi. Lalu, kata tersebut secara otomatis akan berubah dengan kata yang lebih tepat.
Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah! (12920)
Cara cek grammar di Microsoft Word. Foto: Microsoft
Kamu juga bisa mempelajari kesalahan grammar lebih lanjut dan mengetahui cara memperbaikinya.
Klik menu 'Review' dan pilih 'Check Document'. Selanjutnya, akan muncul di sebelah kanan beberapa koreksi yang terdeteksi Microsoft Word. Jika ingin mengetahui grammar yang salah, klik 'Grammar'.
Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah! (12921)
Cara cek grammar di Microsoft Word. Foto: Microsoft
Kamu akan ditunjukkan kata yang salah dan bagaimana seharusnya kata tersebut ditulis dengan benar. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan penjelasan singkatnya.
Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah! (12922)
Cara cek grammar di Microsoft Word. Foto: Microsoft

Rekomendasi Web untuk Cek Grammar

Selain menggunakan Microsoft Word, kamu juga bisa menggunakan bantuan beberapa website di bawah ini untuk cek grammar bahasa Inggris.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Become a Writer Today, berikut ini adalah rekomendasi situsnya:
1. Grammarly
Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah! (12923)
Tampilan Grammarly. Foto: Grammarly
Selain memberitahu kesalahan tulisan kamu, Grammarly check juga akan memberitahu penulisan yang benar. Grammarly tersedia dalam versi gratis dan premium.
Jika menggunakan versi premium, banyak fitur yang bisa kamu peroleh. Bahkan, kamu juga bisa belajar grammar sekaligus memperbaiki tulisanmu.
Grammarly mampu mengidentifikasi kesalahan tanda baca, ejaan, dan tata bahasa. Kamu bisa cek grammar bahasa Inggris online dan tidak perlu mengunduh aplikasinya.
2. ProWritingAid
Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah! (12924)
Tampilan ProWritingAid. Foto: ProWritingAid
ProWritingAid merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat memeriksa tata bahasa dan ejaan tulisan kamu.
Selain bisa digunakan secara online melalui website, kamu bisa mengunduh aplikasi ProWritingAid di PC atau laptop. Namun, aplikasi ProWritingAid tidak tersedia secara gratis alias berbayar.
ADVERTISEMENT
ProWritingAid sudah bisa digunakan untuk plugin di Word dan Google Documents, sehingga dapat memeriksa tulisanmu secara langsung.
3. Ginger
Cek Grammar, Bisa Dilakukan dengan Mudah! (12925)
Tampilan Ginger. Foto: Ginger
Ginger hadir dalam bentuk aplikasi maupun online. Sama halnya dengan Grammarly dan ProWritingAid, Ginger mampu memeriksa ejaan dan tata bahasa Inggris kamu.
Kamu bisa mendapatkan Ginger secara gratis maupun berbayar. Dalam versi premiumnya, Ginger dapat mengidentifikasi lebih banyak masalah grammar dibanding versi gratis.
Itulah beberapa tiga cara untuk cek grammar yang bisa kamu gunakan. Kini kamu tak perlu khawatir lagi jika ingin mengecek penulisan grammar.
(NSF)