Tekno & Sains
·
9 Juni 2021 15:17
·
waktu baca 2 menit

Cek Plagiarisme untuk Jurnal hingga Skripsi

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Cek Plagiarisme untuk Jurnal hingga Skripsi (432310)
Ilustrasi mengerjakan skripsi. Foto: CoWomen/unsplash
Cek plagiarisme sangat penting dilakukan, terutama saat menulis artikel publikasi. Hal itu bertujuan agar kamu terhindar dari tindakan plagiat
ADVERTISEMENT
Kasus plagiat sebenarnya setara dengan kasus pencurian. Orang-orang yang terlibat plagiat bisa terkena hukuman dalam bentuk pencurian intelektual. Jadi, kamu wajib mencantumkan sumber tulisan dengan benar.
Hampir seluruh universitas mewajibkan mahasiswanya untuk mengecek plagiarisme terlebih dahulu atas karya ilmiahnya. Umumnya, cek plagiarisme Indonesia dilakukan sebelum maju ke sidang skripsi.
Saat ini, ada banyak aplikasi atau website cek plagiarisme yang hasilnya akurat. Selain itu, kamu juga bisa mengecek plagiarisme secara online.

Aplikasi Cek Plagiarisme Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi atau web cek plagiarisme yang bisa kamu gunakan:

1. Turnitin

Cek Plagiarisme untuk Jurnal hingga Skripsi (432311)
Tampilan aplikasi cek plagiarisme Turnitin. Foto: Turnitin
Turnitin merupakan aplikasi untuk mengecek plagiarisme yang paling banyak digunakan oleh berbagai universitas di Indonesia. Bahkan, ada universitas yang memberikan layanan untuk menggunakan Turnitin kepada mahasiswanya.
ADVERTISEMENT
Aplikasi ini juga direkomendasikan oleh banyak peneliti yang tulisannya sudah dipublikasikan di berbagai jurnal ilmiah.
Jika menggunakan aplikasi Turnitin, kamu bisa mengetahui bagian tulisan yang ternyata secara tidak sengaja adalah plagiat. Sehingga, kamu bisa segera menggantinya sebelum tulisan tersebut dipublikasi.

2. Copyleaks

Cek Plagiarisme untuk Jurnal hingga Skripsi (432312)
Tampilan aplikasi cek plagiarisme Copyleaks. Foto: Copyleaks
Selanjutnya, kamu bisa melakukan cara cek plagiarisme skripsi di Copyleaks. Banyak peneliti dunia yang menggunakan aplikasi ini untuk mendeteksi tulisan mereka sebelum dipublikasi.
Setelah menggunakan aplikasi Copyleaks, kamu bisa mengetahui tulisan-tulisanmu yang terdeteksi plagiat.
Copyleaks menggunakan teknologi AI yang membuat hasil pengecekan plagiarisme menjadi lebih akurat. Jadi, kamu dapat memastikan jika tulisanmu adalah orisinil.
Aplikasi ini juga mendukung pengecekan plagiarisme dari berbagai file, seperti .doc, .pdf, dan lainnya. Selain itu, Copyleaks dapat mendeteksi lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Indonesia dan Inggris.
ADVERTISEMENT

Cara Cek Plagiarisme Online

Mengutip dari The Geek Page, berikut adalah beberapa cara untuk cek plagiarisme online yang bisa dilakukan:

1. DupliChecker

Cek Plagiarisme untuk Jurnal hingga Skripsi (432313)
Tampilan DupliChecker. Foto: Dupli Checker
DupliChecker merupakan situs untuk mengecek plagiarisme dengan hasil yang akurat dan cepat. Namun, kamu hanya bisa menggunakan maksimal 1.000 karakter dalam sekali pengecekan.
Jika ada lebih dari 1.000 karakter, kamu bisa melakukan pengecekan untuk 1.000 huruf pertama. Kemudian, dilanjutkan dengan tulisan berikutnya.
Kamu hanya perlu membuka website DupliChecker, lalu memasukkan tulisanmu di kolom yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah tulisan dalam bentuk .pdf, .doc, dan lainnya.
Setelah itu, klik tombol 'Check Plagiarism' dan tunggu beberapa saat hingga hasil plagiat muncul. Tulisan yang terdeteksi plagiat akan di-highlight, sehingga kamu bisa mengubahnya sebelum mempublikasi.
ADVERTISEMENT

2. Small Seo Tools

Cek Plagiarisme untuk Jurnal hingga Skripsi (432314)
Tampilan Small SEO Tools. Foto: Small SEO Tools
Cara cek plagiarisme gratis berikutnya adalah melalui Small SEO Tools. Situs ini juga menyediakan cek plagiarisme skripsi untuk mendeteksi kesamaan tulisan.
Sama halnya dengan DupliChecker, kamu hanya perlu memasukkan tulisan ke website Small SEO Tools dan menekan tombol 'Check Plagiarism'.
Kemudian, cek plagiarisme Small SEO Tools akan mendeteksi kemiripan tulisan dan menampilkan hasil tulisanmu.
Kamu juga bisa membandingkan tulisan yang terdeteksi plagiat dengan membuka tulisan yang orisinil dan mengetahui dari mana tulisan tersebut berasal.
Itulah beberapa aplikasi dan website yang bisa kamu gunakan untuk cek plagiarisme. Hindari tindakan plagiat, karena sama saja mencuri karya orang lain.
(NSF)