Frekuensi TV Digital Kendari, Ini Daftar Lengkapnya

Konten dari Pengguna
11 Agustus 2023 17:25 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mencari frekuensi TV digital Kendari. Foto: pexels.com.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencari frekuensi TV digital Kendari. Foto: pexels.com.
ADVERTISEMENT
Frekuensi TV digital Kendari perlu diketahui masyarakat sekitar bila ingin menikmati siaran TV terbaru. Per 2 November 2022, pemerintah melakukan migrasi siaran TV dari analog ke digital untuk meningkatkan kualitas tontonan.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut, membuat beberapa frekuensi TV berubah, termasuk di wilayah Kendari. Masyarakat daerah tersebut yang kehilangan siaran TV bisa menyimak artikel ini untuk informasi frekuensi TV digital Kendari.

Migrasi Siaran TV Analog ke Digital

Ilustrasi mencari frekuensi TV digital Kendari. Foto: pexels.com.
Menyadur dari siarandigital.kominfo.go.id, siaran analog di Indonesia sudah mulai dihentikan secara berkala. Hal ini karena siaran TV analog dinilai usang dan telah mengudara hampir 60 tahun.
Kini, Indonesia masuk ke era siaran TV digital. Siaran ini menggunakan modulasi sinyal digital dengan sistem kompresi yang nantinya menghasilkan kualitas gambar lebih tajam dan suara lebih jernih.
Teknologi yang digunakan pada siaran TV digital dinilai lebih canggih dan efisien dibanding siaran TV analog. Pada teknologi TV analog, satu pemancar siaran TV hanya dapat dipakai satu kanal frekuensi saja. Artinya itu hanya dapat menayangkan satu saluran TV.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, teknologi pada siaran TV digital menggunakan spektrum dan frekuensi yang dapat menampung hingga delapan atau lebih saluran TV dalam satu kanal frekuensi.
Lewat situs siarandigital.kominfo.go.id, pemerintah mengimbau masyarakat untuk beralih ke siaran TV digital. Masyarakat dapat menggunakan perangkat TV yang berteknologi DVB-T2 atau menggunakan bantuan set top box (STB).

Daftar Frekuensi TV Digital Kendari

Ilustrasi mencari frekuensi TV digital Kendari. Foto: pexels.com.
Wilayah layanan siaran TV digital Sulawesi Tenggara dibagi menjadi lima. Dikutip dari siarandigital.kominfo.go.id, Kendari adalah Kota di Provinsi Sulawesi Tenggara yang masuk ke wilayah layanan siaran TV digital Sulawesi Tenggara 1.
Pada wilayah tersebut, status siaran TV digital adalah dijadwalkan Analog Switch Off (ASO). Artinya, masyarakat sudah bisa menyaksikan siaran TV digital.
ADVERTISEMENT
Selain Kendari, daerah lain yang masuk ke wilayah Sulawesi Tenggara 1 adalah Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Utara, dan Kabupaten Konawe Kepulauan.
Dirangkum dari p2k.stekom.ac.id, daftar frekuensi TV digital Kendari dan sekitarnya adalah sebagai berikut:

1. Frekuensi 546 MHz di Kanal 30 UHF

Pada frekuensi 546 MHz di kanal 30 UHF, saluran TV yang bisa ditangkap adalah TVRI Nasional, TVRI Sulawesi Tenggara, TVRI World, TVRI Sport, NET, dan RTV.

2. Frekuensi 594 MHz di Kanal 36 UHF

Pada frekuensi 594 MHz di kanal 36 UHF, saluran TV yang bisa ditangkap adalah SCTV, Indosiar, Moji, Mentari TV, Kompas TV, RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews.

3. Frekuensi 618 MHz di Kanal 39 UHF

Pada frekuensi 618 MHz di kanal 39 UHF, saluran TV yang bisa ditangkap adalah Metro TV, Magna Channel, BN Channel, Antv, dan TV One.
ADVERTISEMENT
(NSF)