Tekno & Sains15 September 2020 7:32

Ini Cara Paling Aman Untuk Log In ke dalam Laptop Windows dan MacBook

Konten kiriman user
Ini Cara Paling Aman Untuk Log In ke dalam Laptop Windows dan MacBook (1464532)
Ilustrasi bekerja dengan laptop MacBook dari Apple. Foto: Pexels
Ada banyak cara bagi pengguna untuk masuk ke dalam akun pada perangkat laptop. Ternyata, pemilihan cara log in ke akun laptop kamu bukan hanya soal kenyamanan, tapi juga tentang keamanan, loh!
ADVERTISEMENT
Opsi cara masuk atau log in ke dalam akun laptop tentu berbeda-beda. Pengguna Windows dan Apple MacBook tentu tidak akan memperoleh pilihan dan sistem keamanan yang sama.
Memilih cara untuk masuk ke dalam akun laptop juga perlu pemikiran yang matang. Kamu perlu menyeimbangkan antara kemudahan, kenyamanan, dan tentunya keamanan data pribadi dalam perangkat kamu.
Lalu, cara log in ke dalam laptop apa yang paling aman? Simak ulasannya di sini!
Ini Cara Paling Aman Untuk Log In ke dalam Laptop Windows dan MacBook (1464533)
Memilih cara log in yang tepat untuk laptop adalah soal kenyamanan dan keamanan sekaligus. Foto: Shutterstock

Windows

Pelbagai pilihan cara masuk ke dalam laptop Windows tersedia pada bagian Settings. Kamu cukup membuka “Settings” > “Accounts” > “Sign-in Options” untuk melihat dan mempelajarinya.
Jika kamu menggunakan perangkat baru, secara default kamu akan menggunakan akun serta password Microsoft Account untuk masuk ke dalam laptop. Menggunakan password yang panjang; serta mengombinasikan huruf, angka, dan simbol menjadi kunci agar akun kamu tetap aman.
ADVERTISEMENT
Microsoft juga menyediakan fitur Two-factor Authentication (2FA). Fitur ini akan membuat setiap log in harus terhubung dengan perangkat lain seperti smartphone atau e-mail untuk menjaga keamanannya. Kamu bisa mengaksesnya di “Security” > “More Security Options”.
Selain password, kamu juga bisa menggunakan PIN lewat fitur Windows Hello PIN. Microsoft memastikan bahwa PIN yang kamu buat hanya akan disimpan pada laptop kamu sehingga keamanannya terjaga.
Jika kamu menggunakan PIN, pastikan kamu menggunakan kombinasi angka yang sulit ditebak, ya! Hindari menggunakan tanggal lahir atau nomor rumah karena terlalu mudah untuk ditebak orang.
Ini Cara Paling Aman Untuk Log In ke dalam Laptop Windows dan MacBook (1464534)
Berbagai pilihan metode log in ke dalam laptop Windows. Foto: Microsoft
Jika kamu tidak bisa menemukan kombinasi angka yang cukup aman, Windows Hello Face dan Windows Hello Fingerprint bisa jadi solusinya. Ini adalah cara yang sangat aman karena tidak mungkin ditebak oleh orang lain.
ADVERTISEMENT
Melalui fitur ini, kamu akan masuk ke dalam laptop menggunakan autentikasi biometrik dalam bentuk wajah dan sidik jari. Namun tentu fitur ini hanya bisa digunakan jika perangkat kamu memiliki fitur pembaca sidik jari atau facial recognition, ya!
Pilihan terakhir adalah Picture Password. Jika kamu menggunakan metode ini, kamu diminta untuk membuat sebuah pola pada sebuah gambar yang kamu pilih sendiri.
Ketika akan masuk ke dalam akun laptop, kamu akan diminta untuk mengulangi pola yang sama pada gambar pilihan kamu tersebut. Metode ini menjadi yang paling sederhana dan mudah digunakan, namun keamanan data pribadi jadi terancam.
Orang lain dapat dengan mudah mengintip layar kamu dan mendapaktan akses ke dalam perangkat kamu. Jadi, metode ini sepertinya tidak cocok untuk kamu yang sangat mementingkan keamanan data, ya.
Ini Cara Paling Aman Untuk Log In ke dalam Laptop Windows dan MacBook (1464535)
Ilustrasi laptop berbasis Windows. Foto: Unsplash

Apple MacBook

Bagi para pengguna Apple MacBook, kamu bisa mengakses opsi cara log in ke laptop pada “Menu Apple” > “System Preferences” > “Users & Groups”. Hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah mematikan fitur “Automatic Login”.
ADVERTISEMENT
Fitur tersebut membuat pengguna tidak perlu log in ulang jika ingin masuk ke dalam laptop. Namun tentu saja hal tersebut tidak baik bagi keamanan data kamu karena siapa saja pada akhirnya bisa mengakses laptop kamu.
Untuk mematikannya, kamu bisa membuka “Click Options” dan klik “Automatic Login” untuk menonaktifkannya. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi-opsi cara log in ke laptop kamu.
Ini Cara Paling Aman Untuk Log In ke dalam Laptop Windows dan MacBook (1464536)
Mematikan fitur Automatic Login mengurangi kenyamanan penggunaan namun meningkatkan keamanan data kamu. Foto: Apple
Secara default, macOS akan membuat kamu harus memasukkan password setiap membuka laptop. Password tersebut berbeda dari password pada Apple ID kamu, meski akun Apple ID juga terhubung ke perangkat.
Kamu bisa mengganti password tersebut dengan membuka “System Preferences” > “Apple ID” > “Password & Security”. Jika dibutuhkan, kamu juga bisa mengaktifkan fitur 2FA.
ADVERTISEMENT
Jika perangkat MacBook kamu memiliki Touch Bar dan Touch ID, akan muncul ikon Touch ID ketika kamu membuka “System Preferences”. Klik ikon itu untuk mengaktifkan metode log in dengan sidik jari.
Metode ini bisa menjadi yang paling aman dan nyaman untuk digunakan. Sidik jari juga bisa digunakan untuk bertransaksi dengan Apple Pay, mengakses iTunes, AppStore, dan Apple Books.
Ini Cara Paling Aman Untuk Log In ke dalam Laptop Windows dan MacBook (1464537)
Apple MacBook Pro 2020. Foto: Apple
Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan Apple Watch. Laptop MacBook cukup canggih untuk mengetahui jika terdapat perangkat smartwatch yang tengah digunakan di dekatnya. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai cara log in ke dalam laptop.
Untuk menggunakannya, kamu bisa membuka “Apple Menu” > “System Preferences” > “Security & Privacy” > “General”. Kamu akan menemukan kotak yang di sebelahnya tertulis “Use you Apple Watch to unlock apps and your Mac”.
ADVERTISEMENT
Klik pada kotak tersebut. Jika sudah aktif, kamu akan secara otomatis log in ke dalam MacBook kamu kapanpun kamu membuka laptop sambil meletakkan Apple Watch kamu di dekatnya.
(EDR)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white