Kenapa Laptop Tidak Bisa Di-Shutdown? Cek Penyebabnya di Sini

Konten dari Pengguna
22 Desember 2023 16:36 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi kenapa laptop tidak bisa di shutdown. Foto: Unsplash/Kari Shea
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi kenapa laptop tidak bisa di shutdown. Foto: Unsplash/Kari Shea
ADVERTISEMENT
Kenapa laptop tidak bisa di shutdown menjadi masalah yang kerap ditanyakan pengguna. Masalah tersebut membuat konsumsi daya hard drive maupun CPU jadi meningkat dan komponen kipas perangkat akan berkerja lebih ekstra.
ADVERTISEMENT
Di artikel ini, How To Tekno akan menjabarkan penyebab kenapa laptop tidak bisa di shutdown lengkap dengan solusinya. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui petunjuknya secara lengkap.

Kenapa Laptop Tidak Bisa di Shutdown

ilustrasi kenapa laptop tidak bisa di shutdown. Foto: Unsplash/Kari Shea
Laptop tidak bisa di shutdown bisa terjadi di berbagai perangkat dengan sistem yang berbeda. Mengutip laman asurion.com, berikut sejumlah faktor penyebab kenapa laptop tidak bisa di shutdown pada Windows 10 dan 11.

1. Fast Startup yang diaktifkan

Mengutip laman softwarekeep.com, fitur Fast Startup adalah fitur Windows 10 dan 11 yang merupakan kombinasi fitur hybrid shutdown antara normal shutdown dan fungsi hibernate.
Dengan mode ini, laptop dapat booting dengan cepat dan menyimpan berkas di folder khusus. Namun, mode ini mencegah laptop perangkat untuk di shutdown.
ADVERTISEMENT
Agar bisa kembali normal, pengguna perlu menonaktifkan fitur tersebut. Pengguna Windows 11 bisa mengikuti rincian berikut.

2. Pembaruan Windows yang Tertunda

Sistem laptop yang memiliki pembaruan tertunda akan mencegah perangkat dimatikan. Karena itu, pengguna perlu memutakhirkan sistem ke versi terbaru. Ikuti langkah-langkah berikut.
ADVERTISEMENT

3. Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Sejumlah aplikasi mungkin mencegah pengguna mematikan sistem operasi jika aplikasi tidak ditutup. Cobalah untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan mengikuti rincian berikut.

4. Adanya File Sistem Windows yang rusak

Jika beberapa file sistem laptop Windows rusak atau hilang pengguna tak akan bisa mematikan perangkat. Solusinya, manfaatkan tool System File Cecker. Berikut langkah-langkahnya.
ADVERTISEMENT
(IPT)