Kenapa Pulsa Axis Berkurang Sendiri? Ini Penyebab dan Solusinya

Konten dari Pengguna
18 Maret 2023 15:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Kenapa Pulsa Axis Berkurang Sendiri? Foto: Unsplash.com.
zoom-in-whitePerbesar
Kenapa Pulsa Axis Berkurang Sendiri? Foto: Unsplash.com.
ADVERTISEMENT
Penasaran, kenapa pulsa Axis berkurang sendiri? Sebenarnya ada banyak faktor penyebab yang tak disadari pengguna. Meski begitu, Axis memberikan layanan untuk mencegah hal ini terjadi terus menerus.
ADVERTISEMENT
Fenomena pulsa Axis berkurang sendiri sudah dialami banyak orang. Kondisi ini membuat pengguna kesal karena pulsa tersebut mungkin akan dipakai untuk hal penting.
Pulsa yang hilang secara tiba-tiba tentu ada penyebabnya. Secara lebih rinci, How To Tekno akan membagikan informasi kenapa pulsa Axis berkurang sendiri dan cara mengatasinya. Mari simak artikel ini sampai selesai!

Kenapa Pulsa Axis Berkurang Sendiri?

Kenapa Pulsa Axis Berkurang Sendiri? Foto: Unsplash.com
Ada beberapa faktor penyebab kenapa pulsa Axis berkurang sendiri. Berdasarkan penelusuran How To Tekno, kondisi tersebut terjadi karena faktor berikut ini.

1. Tidak Sengaja Berlangganan SMS Premium

Layanan SMS Premium akan menyedot pulsa secara otomatis setiap bulan bahkan bisa setiap minggu. Bisa jadi pengguna tak sadar sudah melakukan registrasi sehingga nomor Axis menjadi anggota aktif layanan tersebut.
ADVERTISEMENT

2. Berlangganan Nada Sambung Pribadi

Nada Sambung Pribadi (NSP) adalah suara yang didengarkan untuk menggantikan nada tunggu panggilan telepon saat ada seseorang yang menghubungi. Suara tersebut akan berisi penggalan lagu yang dipilih pengguna.
Layanan NPS biasanya dikenakan sejumlah tarif per bulan atau per minggu agar pelanggan bisa menggunakan layanan tersebut terus menerus. Biaya NSP tersebut diambil dari pulsa yang dimiliki pelanggan.

3. Terkena Internet Tarif Normal

Saat paket data habis pelanggan akan terkena tarif Internet normal. Masalah ini bisa juga terjadi ketika pengguna sedang berada di luar daerah yang tidak sesuai dengan ketentuan paket.
Umumnya setiap paket kuota memiliki ketentuan yang hanya bisa dipakai di jaringan tertentu. Contohnya paket kuota lokal hanya bisa dipakai di jaringan 3G atau 4G lokal daerah tertentu, kuota malam hanya dapat berjalan di jaringan 4G, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Pulsa Axis Hilang Sendiri

Cara Mengatasi Pulsa Axis Hilang Sendiri. Foto: Axis.
Setelah mengetahui penyebab kenapa pulsa Axis hilang sendiri, kamu bisa mengatasinya dengan fitur dari Axis yang dinamakan kunci pulsa atau lock button feature.
Berdasarkan laman resminya, pengguna Axis dapat mengaktifkan fitur ini di aplikasi AxisNet. Layanan ini akan mengunci pulsa yang dimiliki sehingga pulsa tidak akan terpakai untuk layanan non-paket.
Layanan yang dapat diatur fitur Lock Button adalah telepon, SMS, Internet, VAS, Content, RBT, SMS Premium, Banking, OTP berbayar.
Cara mengaktifkan fitur ini tidak sulit dilakukan. Dirangkum dari laman axis.co.id, berikut tutorial yang bisa diikuti.
ADVERTISEMENT
Demikian penjelasan tentang kenapa pulsa Axis berkurang sendiri dan cara mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!
(IPT)