Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Telkomsel padahal Pulsa Cukup? Ini Jawabannya

Konten dari Pengguna
29 Januari 2024 12:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Telkomsel. Foto: Telkomsel
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Telkomsel. Foto: Telkomsel
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apakah Anda pernah mengalami masalah saat ingin membeli paket internet Telkomsel? Seperti, paket internet yang tidak bisa dibeli walau pulsa Anda masih mencukupi.
ADVERTISEMENT
Telkomsel merupakan salah satu operator seluler yang menyediakan satu aplikasi, yakni My Telkomsel untuk memudahkan pelanggannya melakukan berbagai aktivitas mulai dari mengecek sisa pulsa, kuota internet yang tersedia, bahkan membeli paket internet baru.
Mengutip dari laman resmi Telkomsel, meski sudah memiliki My Telkomsel, layanan ini masih mengandalkan pembelian berbagai paket internet melalui kode USSD.
Baik dari My Telkomsel maupun kode USSD, pembelian paket internet biasanya dapat dilakukan dengan cara menukar pulsa yang dimiliki. Namun terkadang, terdapat kendala saat pelanggan ingin membeli paket internet dengan menggunakan pulsa. Kendala ini tentunya bukan karena pulsa yang tidak mencukupi. Lantas apa penyebabnya?

Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Telkomsel padahal Pulsa Cukup?

Informasi mengenai penyebab paket Telkomsel yang tidak dapat dibeli dari Veronika. Foto: Istimewa
Menurut Veronika, asisten virtual Telkomsel berbasis chat AI, terdapat beberapa alasan mengapa pelanggan Telkomsel tidak dapat membeli paket internet meski pulsa yang dimiliki masih cukup. Berikut beberapa alasannya.
ADVERTISEMENT

1. Adanya Gangguan Sistem

Gangguan sistem bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah adanya kegagalan pada peralatan jaringan Telkomsel itu sendiri. Dikutip dari laman Tech Radar, melonjaknya bandwidth jaringan atau pelanggaran keamanan juga dapat menjadi alasan mengapa gangguan sistem pada suatu operator seluler bisa terjadi.
Gangguan-gangguan seperti ini dapat berdampak pula pada proses pembelian paket internet Anda. Jika sudah begini, satu-satunya jalan adalah menunggu hingga gangguan tersebut diselesaikan oleh Telkomsel. Setelah menunggu beberapa saat, Anda dapat mencoba kembali untuk membeli paket internet yang Anda inginkan.

2. Nomor Belum Terdaftar

Registrasi nomor telepon merupakan kewajiban bagi setiap pengguna kartu SIM dari semua operator seluler di Indonesia. Apabila belum melakukan registrasi, maka nomor tersebut juga belum teraktivasi. Anda dapat melakukan registrasi kartu Telkomsel dengan mudah melalui kode USSD *444#. Simak langkahnya di bawah ini.
ADVERTISEMENT

3. Tidak Memenuhi Syarat Lain Pembelian

Informasi mengenai syarat dan ketentuan paket Telkomsel Super Seru 25GB. Foto: Istimewa
Saat melakukan pembelian paket internet, persyaratan yang harus dipenuhi bukan sekadar jumlah pulsa yang mencukupi. Namun, terdapat persyaratan lain yang perlu diperhatikan. Contohnya paket internet Telkomsel, seperti Combo SAKTI MAX dan Internet Sakti yang hanya bisa diaktivasi oleh pelanggan Telkomsel Prabayar terpilih.
Atau paket internet Super Seru 25GB yang hanya dapat dibeli dan digunakan di area Provinsi Jawa Timur saja. Maka dari itu, ada baiknya membaca secara teliti syarat dan ketentuan tiap paket internet Telkomsel yang ingin dibeli. Pada aplikasi My Telkomsel, Anda dapat membaca syarat dan ketentuan paket internet di laman “Detail Paket” yang muncul saat Anda mengetuk paket internet pilihan Anda.
ADVERTISEMENT
(DSY)