Tekno & Sains
·
2 Juni 2021 19:24
·
waktu baca 3 menit

Komponen Sistem Informasi, Apa Saja?

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Komponen Sistem Informasi, Apa Saja? (87245)
searchPerbesar
Ilustrasi sistem informasi. Foto: macrovector/Freepik
Komponen sistem informasi digunakan untuk tujuan mengumpulkan, membuat, dan mendistribusikan berbagai data. Komponen ini terdiri dari kombinasi dari perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan telekomunikasi.
ADVERTISEMENT
Sistem informasi biasanya digunakan pada suatu organisasi, seperti pengguna bisnis, organisasi pemerintahan, dan universitas. Tujuan dari penggunaan sistem informasi adalah menyediakan informasi pada penggunanya.
Selain itu, sistem informasi akan mengumpulkan, memproses, dan mengomunikasikan informasi tersebut ke pengguna sistem.
Sistem informasi memiliki beberapa komponen yang mendukung kerjanya. Berikut ini adalah komponen dalam sistem informasi:

5 Komponen Sistem Informasi dan Contohnya

Berikut ini adalah komponen dari sistem informasi yang dikutip dari laman Britannica:

1. Perangkat Keras

Komponen Sistem Informasi, Apa Saja? (87246)
searchPerbesar
Ilustrasi komponen sistem informasi: perangkat keras atau hardware. Foto: macrovector/Freepik
Perangkat keras atau hardware merupakan sebuah teknologi yang berbentuk fisik pada sistem informasi. Perangkat keras pada sistem informasi bisa berukuran sangat kecil yang muat di saku baju. Namun, ada juga yang sangat besar hingga memenuhi gedung.
ADVERTISEMENT
Perangkat keras sistem informasi yang biasa kita temui adalah keyboard, drive disk eksternal, dan router. Perangkat keras ini digunakan untuk input, output, dan pemrosesan pada sistem informasi.
Setiap organisasi menggunakan struktur perangkat keras yang berbeda-beda. Saat ini, beberapa organisasi telah menggunakan sensor yang akan berinteraksi dengan komputer.
Sensor akan menerjemahkan keadaan di sekitarnya, seperti panas, cahaya, dan lainnya.

2. Perangkat Lunak

Komponen Sistem Informasi, Apa Saja? (87247)
searchPerbesar
Ilustrasi komponen sistem informasi: perangkat lunak atau software. Foto: macrovector/Freepik
Perangkat lunak merupakan komponen utama sistem informasi yang berfungsi untuk menerjemahkan kerja perangkat keras. Perangkat lunak pada sistem informasi mencakup seperangkat instruksi yang digunakan untuk memproses informasi.
Perangkat lunak terbagi menjadi dua jenis, yaitu perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem. Perangkat lunak aplikasi dibuat untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, seperti membuat dokumen dan spreadsheet, serta mendesain website.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk perangkat lunak, sistem seperti yang kita sering dengar adalah iOS, Windows, dan Linux.

3. Jaringan Telekomunikasi

Komponen Sistem Informasi, Apa Saja? (87248)
searchPerbesar
Ilustrasi komponen sistem informasi: jaringan telekomunikasi. Foto: rawpixel via Pixabay
Komponen dalam sistem informasi yang satu ini akan menghubungkan beberapa perangkat keras dan membentuk suatu jaringan. Koneksi yang digunakan jaringan telekomunikasi bisa melalui kabel atau nirkabel.
Jaringan yang menggunakan kabel adalah serat optik atau kabel Ethernet dan jaringan nirkabel WiFi. Jaringan telekomunikasi pada sistem informasi menggunakan internet, ekstranet, maupun internet.
Jaringan telekomunikasi ini dirancang dengan tujuan menyatukan komputer pada area tertentu, seperti kantor dan sekolah. Kantor dan sekolah menggunakan LAN (Local Area Network).
Jika areanya lebih luas dan perangkat komputer lebih tersebar, jaringan menggunakan WAN (Wide Area Network).
Jaringan telekomunikasi terdiri dari perangkat lunak (sistem operasi, server data, server web, dan server aplikasi) dan perangkat keras (router dan kabel).
ADVERTISEMENT

4. Basis Data

Komponen Sistem Informasi, Apa Saja? (87249)
searchPerbesar
Ilustrasi komponen sistem informasi: basis data. Foto: Gerd Altmann via Pixabay
Basis data merupakan tempat di mana seluruh data terkumpul dalam bentuk apa pun yang dibutuhkan oleh organisasi pengguna sistem informasi.
Perangkat lunak basis data digunakan untuk akses yang efisien untuk data yang diperlukan dan mengelola data-data tersebut.
Basis data ini biasa disebut dengan gudang data. Basis data sangat penting pada komponen dasar sistem informasi, karena di situlah tempat seluruh data terkumpul dan dianalisis.
Saat ini, muncul istilah "big data" yang menjadi sebuah kiasan untuk jumlah data yang sangat besar.

5. Manusia

Komponen Sistem Informasi, Apa Saja? (87250)
searchPerbesar
Ilustrasi komponen sistem informasi: manusia. Foto: Wikimedia
Contoh komponen sistem informasi yang paling penting adalah manusia. Siapa yang akan menjalankan suatu sistem informasi jika bukan manusia?
Namun, manusia di sini adalah mereka yang mumpuni untuk menjalankan sistem informasi dengan berbagai prosedur yang telah mereka pelajari.
ADVERTISEMENT
Jadi, mereka dapat mengubah data dalam database yang selanjutnya dianalisis apa yang telah terjadi di masa lalu. Kemudian, digunakan sebagai pembelajaran di masa depan.
Komponen teknologi sistem informasi ini adalah para operator komputer, pemrograman, dan analis sistem. Artinya, sistem informasi dapat digunakan sebagai semestinya dan memberikan manfaat bagi pengguna lainnya.
Itulah 5 komponen sistem informasi yang sangat dibutuhkan pada era digital sekarang ini. Beberapa komponen di atas sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
(NSF)