MacOS Monterey: Fitur dan Daftar Perangkat yang Kompatibel

Konten dari Pengguna
13 Maret 2023 17:04
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi MacOS Monterey. Foto: Apple.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi MacOS Monterey. Foto: Apple.
MacOS Monterey adalah sistem operasi terbaru untuk komputer dan laptop Apple. Sistem ini dirilis akhir Oktober 2021. Berdasarkan laman resminya, MacOS Monterey menghadirkan beragam fitur yang membantu penggunanya terhubung lebih mudah dan menawarkan peningkatan privasi.
Untuk mengetahui apa saja fitur pada sistem operasi terbaru MacOS tersebut, simak artikel ini. Selain itu, How To Tekno akan menjelaskan beberapa perangkat (device) yang kompatibel dengan sistem operasi tersebut.

Fitur MacOs Monterey

 Fitur MacOs Monterey. Foto: Apple.
zoom-in-whitePerbesar
Fitur MacOs Monterey. Foto: Apple.
MacOS Monterey memungkinkan pengguna terhubung, berbagi, dan berkreasi dengan cara baru melalui berbagai perangkat Apple.
Dirangkum dari laman Support Apple, sistem operasi ini memiliki peningkatan audio dan facetime, merilis mode fokus, aplikasi pintasan baru, dan fitur unggulan lainnya. Berikut rincian lengkapnya.

1. Mode Fokus

Mode fokus di MacOS Monterey memudahkan pengguna untuk meminimalkan gangguan. Pengguna bisa menentukan notifikasi apa yang diizinkan dan yang diblokir dengan interval waktu tertentu. Mode ini dapat diterapkan di semua perangkat Apple.

2. Aplikasi Pintasan

Apple merilis aplikasi pintasan yang membantu pengguna menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat to do list dengan berbagai templat yang bisa dipakai untuk jenis tugas berbeda.

3. Quick Note

Fitur ini memungkinkan pengguna membuat catatan secara cepat berdasarkan kategori berbeda. Apple menambahkan fitur tag yang bisa dipakai untuk memberitahu orang lain tentang pemutakhiran (update) catatan tersebut saat bekerja bersama secara online.

4. Kontrol Universal

Ini merupakan pembaruan terbesar yang diberikan Apple ke pengguna komputer Apple. Kontrol Universal memungkinkan satu mouse, trackpad, dan keyboard digunakan di beberapa Mac dan juga iPad saat melakukan pekerjaan secara bersamaan.

5. AirPlay to Mac dan Share Play

Apple juga memberikan fitur AirPlay to Mac baru untuk memutar film, bermain gim, melihat foto, dan media lainnya dari iPhone atau iPad ke Mac.
Fitur ini juga dilengkapi dukungan speaker untuk memutar audio pada beberapa perangkat menggunakan SharePlay. Jadi, kamu bisa menikmati hiburan dengan keluarga secara realtime.

6. Facetime

Apple juga menambahkan mode potret pada fitur ini dengan tampilan garis dengan memburamkan latar belakang. Tautan Facetime tersebut bisa mengundang teman dalam panggilan melalui perangkat Apple, Android, maupun Windows.

7. Live Text

Dengan fitur ini pengguna dapat mendeteksi teks dalam foto yang bisa disalin-tempel hingga berinteraksi dengan teks yang diketik.

8. Safari

Pada sistem MacMonterey, Safary memiliki desain bilah tab baru yang menyatu dengan latar belakang. Ada juga fitur Grup Tab yang memudahkan pengguna mengelompokkan tugas berbeda tanpa harus kehilangan tab yang sudah dibuka.

9. Privasi Email

Apple memberikan MacOS Monterey perlindungan privasi untuk menyembunyikan email yang tersedia di aplikasi khusus pengguna iCloud+.
Selain itu, fitur ini memungkinkan pengguna merahasiakan email, sehingga tidak perlu khawatir surat elektronik yang dipakai diketahui orang lain.

10. Pembaruan Keamanan

MacOS Monterey juga menyertakan beberapa pembaruan keamanan. Pengguna bisa mengelola kata sandi yang tersedia di System Preferences.
Itulah fitur MacOS terbaru yang bisa dipakai pengguna. Berdasarkan laman Apple, tak semua perangkat Apple Macbook kompatibel dengan sistem terbaru tersebut. Lalu apa saja perangkat yang kompatibel? Berikut daftarnya.

Perangkat yang Kompatibel dengan MacOS Monterey

 Perangkat yang kompatibel MacOS Monterey. Foto: Apple.
zoom-in-whitePerbesar
Perangkat yang kompatibel MacOS Monterey. Foto: Apple.
Dirangkum dari laman Support Apple, berikut perangkat yang kompatibel dengan MacOS Monterey.
  • Perangkat MacBook yang rilis 2016 sampai yang lebih baru.
  • Perangkat MacBook Pro yang rilis 2015 sampai yang terbaru.
  • Perangkat MacBook Air yang rilis 2015 sampai yang terbaru.
  • Mac mini yang rilis 2014 sampai yang lebih baru.
  • iMac Pro semua versi
  • Mac Studio semua versi.
Demikian penjelasan tentang fitur MacOS Monterey dan perangkat yang kompatibel. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!
(IPT)
Apa fungsi Mode Fokus pada MacOS Monterey?
chevron-down
Apa itu Kontrol Universal?
chevron-down
MacBook apa saja yang kompatibel dengan MacOS Monterey?
chevron-down