Tekno & Sains
·
22 September 2020 17:29

Nonton Video YouTube Sambil Browsing di iPhone iOS 14 Diblokir Google, Mengapa?

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Nonton Video YouTube Sambil Browsing di iPhone iOS 14 Diblokir Google, Mengapa? (551578)
Fitur Picutre-in-Picutre pada perangkat iPhone iOS 14. Foto: Apple
Salah satu fitur terbaru di iOS 14 yang paling ditunggu pengguna setia Apple adalah Picture-in-Picture. Fitur ini akan membuat video yang tengah ditonton akan menjadi lebih kecil pada layar sehingga pengguna bisa membuka aplikasi lain sambil tetap menonton.
ADVERTISEMENT
Awalnya, para pengguna Apple yakin fitur ini akan bisa digunakan pada YouTube meski bukan di aplikasi melainkan melalui browser Safari. Namun, YouTube ternyata memblokir fitur ini.
Banyak orang melaporkan tidak berfungsinya fitur ini pada perangkatnya. Meski begitu, dilasir MacRumors, pengguna yang membutuhkan fitur PiP ini bisa memperoleh solusi dengan cukup mudah. Solusinya adalah dengan membayar subscription YouTube Premium setiap bulannya.
Bagi pengguna iPhone dengan iOS 14 tanpa subscription YouTube Premium, tampilan pada layar ketika mencoba menggunakan fitur Picture-in-Picutre di situs web YouTube pada Safari akan menjadi kurang lebih seperti ini.
Pemblokiran oleh YouTube ini memang tidak terlalu membingungkan. Pasalnya, YouTube memang tidak memberikan pengguna fitur untuk menjalankan video di background sambil membuka aplikasi lain kecuali bagi pengguna YouTube Premium.
ADVERTISEMENT
Tentu, Google melalui YouTube tidak ingin fitur premium tersebut bisa diakses secara gratis. Meski begitu, MacRumors melaporkan bahwa fitur PiP sebenarnya bisa digunakan di iPhone saat iOS 14 masih berstatus Beta.
Namun, tatkala Apple telah merilis iOS 14 beberapa hari lalu, fitur PiP di situs web YouTube tidak dapat lagi digunakan.
Nonton Video YouTube Sambil Browsing di iPhone iOS 14 Diblokir Google, Mengapa? (551579)
Ilustrasi YouTube di HP. Foto: Shutterstock
Kondisi ini juga dilaporkan banyak pengguna serta jurnalis teknologi dari seluruh dunia. Namun hingga kini, Apple dan Google belum memberikan komentar.
Bagaimana menurutmu? Apakah ini cuma bug belaka atau memang Google dan YouTube benar-benar memblokir salah satu fitur terbaik di iOS 14 ini?
(EDR)