Perbedaan Indihome Bisnis dan Biasa, Ini Penjelasan Lengkapnya

Konten dari Pengguna
24 Januari 2024 11:43 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Indihome. Foto: Indihome
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Indihome. Foto: Indihome
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Indihome menjadi salah satu layanan internet rumahan yang sangat populer di Indonesia. Pelanggannya tiap tahun dilaporkan selalu meningkat. Selain Indihome untuk rumahan, Indihome ternyata juga menyediakan layanan internet untuk bisnis.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman resminya, Indihome untuk bisnis atau yang lebih dikenal dengan Indibiz pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2023 lalu. Indibiz diketahui membawa misi untuk mendorong perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) apalagi di era digitalisasi.

Perbedaan Indihome Bisnis dan Biasa

Ilustrasi Indihome dan Indibiz. Foto: Indihome
Dari segi kepemilikan, sebenarnya Indihome dengan Indibiz berada di bawah naungan yang berbeda. Seperti yang dilaporkan laman resmi Indihome, layanan itu telah berpindah kepemilikan dari Telkom Indonesia ke Telkomsel sejak Juli 2023 lalu. Sedangkan, Indibiz sampai saat ini masih dipegang oleh Telkom.
Selain itu, ada perbedaan yang lebih signifikan dalam hal target pasar dan fitur yang disediakan kedua layanan internet ini.
Seperti yang diketahui, Indihome merupakan layanan internet rumahan yang mempunyai target pasar atau pengguna individual dan keluarga. Layanan ini menyediakan paket internet dengan kecepatan yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan konsumen rumahan .
ADVERTISEMENT
Sedangkan, Indibiz lebih ditujukan bagi pengguna yang memiliki usaha berbentuk UMK maupun korporat. Tentunya, layanan ini memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi ketimbang Indihome biasa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini fitur-fitur yang ada pada layanan Indihome dan Indibiz.

1. Fitur pada Indihome

Indihome dikenal memiliki layanan paket internet broadband dengan kecepatan mulai dari 30 Mbps hingga 100 Mbps. Bukan hanya layanan internet, Indihome juga memfasilitasi hiburan untuk pelanggannya dengan TV interaktif mengandalkan hybrid box atau STB dan Power Line Communication (PLC).
Indihome juga masih memberikan layanan telepon rumah dengan penawaran paket bulanan. Ada pula layanan "Add-on" atau penambahan layanan seperti berlangganan Netflix, menambah channel TV dengan Minipack Indihome TV, atau menambah kecepatan internet dengan Upgrade Speed.
ADVERTISEMENT

2. Fitur pada Indibiz

Ilustrasi Indibiz. Foto: Indibiz
Karena digunakan untuk bisnis, Indibiz menyediakan paket internet broadband berkecepatan 50 Mbps sampai 300 Mbps. Kecepatan tersbut juga dibarengi dengan rasio 1:1. Misalnya saja Anda berlangganan paket internet berkecepatan 100 Mbps, maka Anda akan mendapatkan kecepatan unggah 100 Mbps dan unduh 100 Mbps.
Indibiz juga terbebas dari batas Fair Usage Policy atau FUP. Hal tersebut berarti pelanggan Indibiz tidak bebas menggunakan internet dengan leluasa tanpa perlu mengkhawatirkan pernurunan kecepatan internet.
Tak hanya kecepatan, layanan internet untuk bisnis dari Telkom Indonesia ini juga menjanjikan jaringan yang lebih stabil. Jika ada gangguan pada jaringan, pelayanan pelanggan untuk Indibiz siap sedia 24/7 demi memastikan kelancaran operasi bisnis.
Sebagai informasi, Indibiz kini telah dibekali dengan aplikasi myIndiBiz yang dapat membantu pelanggan memantau secara langsung proses layanan, mulai dari pendaftaran, instalasi, sampai penggunaan data sehari-hari.
ADVERTISEMENT
(DSY)