Tekno & Sains
·
27 Mei 2021 14:04
·
waktu baca 2 menit

Perbedaan Internet dan Intranet: Definisi serta Cara Kerja

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Perbedaan Internet dan Intranet: Definisi serta Cara Kerja (318163)
searchPerbesar
Ilustrasi perbedaan internet dan intranet. Foto: Freepik
Perbedaan internet dan intranet masih belum dipahami oleh banyak orang. Secara garis besar, perbedaannya adalah jika internet dapat diakses oleh semua orang, sedangkan intranet hanya dapat diakses oleh organisasi tertentu.
ADVERTISEMENT
Pada era digital, manusia dituntut untuk menggunakan jaringan agar selalu terkoneksi dan tidak ketinggalan perkembangan dunia. Hal tersebut juga dapat membantu kita untuk mengembangkan pekerjaan, seperti berbisnis atau lainnya.
Hal itulah yang mendasari beberapa organisasi untuk menggunakan intranet. Intranet akan memudahkan suatu kelompok agar dapat menggunakan jaringan internet.
Lalu, apa perbedaan internet dan intranet? Simak penjelasannya di bawah ini:

Perbedaan Internet dan Intranet Adalah

Perbedaan Internet dan Intranet: Definisi serta Cara Kerja (318164)
searchPerbesar
Ilustrasi Internet. Foto: vectorjuice/Freepik
Mengutip laman Tech Differences, internet didefinisikan dengan sebuah jaringan global. Jaringan ini yang menyediakan transmisi antara komputer satu dengan komputer lainnya.
Internet berfungsi untuk mengirimkan data dalam berbagai bentuk, seperti audio, video, dokumen, dan lainnya. Biasanya, internet menggunakan mode komunikasi kabel maupun nirkabel yang disediakan oleh perusahaan telepon.
ADVERTISEMENT
Internet pertama kalinya diperkenalkan oleh ARPA Advanced Research, yaitu organisasi pada Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada 1960-an.
Dapat dikatan, hampir semua orang bergantung pada internet untuk mendapatkan informasi, berkomunikasi, hingga mencari penghasilan.
Perbedaan Internet dan Intranet: Definisi serta Cara Kerja (318165)
searchPerbesar
Ilustrasi jaringan intranet. Foto: panumas nikhomkhai via Pexels
Sementara itu, intranet masih termasuk bagian dari internet. Bedanya, jaringan tersebut dimiliki secara pribadi atau kelompok. Intranet akan menghubungkan komputer yang dimiliki oleh kelompok tersebut untuk mengirimkan file mereka.
Namun, hanya pengguna tertentu yang memiliki akses tersebut untuk menggunakan intranet. Dengan menggunakan intranet, berbagai data dari suatu perusahaan akan lebih aman. Kemungkinan risiko kebocoran datanya pun juga lebih sedikit.

Perbedaan Internet dan Intranet Terdapat pada Cara Kerjanya

Perbedaan Internet dan Intranet: Definisi serta Cara Kerja (318166)
searchPerbesar
Ilustrasi penggunaan internet. Foto: Pixabay
Jika semua orang di dunia bisa menggunakan internet, sesungguhnya memang tidak ada yang memiliki jaringan tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun, internet bekerja dengan mengikuti beberapa protokol melalui TCP/IP. Protokol tersebut merupakan agen utama yang membuat internet terhubung pada protokol lainnya, seperti FTP, HTTP, dan SMTP.
Selain tiga protokol tersebut, beberapa protokol yang telah ada sejauh kehadiran internet adalah WWW (World Wide Web), Internet Relay Chat, Usenet News, Gopher, dan Telnet.
Perbedaan Internet dan Intranet: Definisi serta Cara Kerja (318167)
searchPerbesar
Ilustrasi intranet dalam perusahaan. Foto: Flickr
Pastinya, kamu sudah mengetahui jika internet merupakan jaringan publik. Selanjutnya, kita akan membahas tentang intranet.
Intranet merupakan jaringan komputer milik pribadi, namun masih menggunakan protokol seperti yang sudah disebutkan di atas.
Protokol tersebut berfungsi untuk membagikan informasi dan data-data. Bedanya, penggunaan intranet jauh lebih aman.
Intranet menggunakan model klien-server yang sama dengan protokol internet. Seluruh kegiatan suatu perusahaan yang menggunakan intranet dapat diakses melalui browser dan tidak bergantung pada platform tertentu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, intranet juga tidak perlu meng-install software tertentu bagi para penggunanya.
Intranet menggunakan firewall yang menyaring berbagai elemen yang tidak diinginkan ke jaringan dan server tersebut. Firewall pada intranet itulah yang membuatnya aman, karena melindungi jaringan dari penyusup luar.
Selain itu, fitur firewall pada intranet yang membatasi akses hanya pada pihak internal yang membuat akses terkontrol dari internet ke server lokal.
Artinya, perbedaan internet dan intranet terletak pada cara kerjanya. Jika internet bisa diakses semua orang, maka intranet hanya bisa diakses oleh pihak tertentu. Kamu bisa menggunakan intranet jika ingin data-data milikmu tidak bocor dan lebih aman.
Perbedaan internet dan intranet memiliki kesamaan, yaitu menggunakan protokol yang sama, menggunakan browser untuk mengaksesnya, dan sama-sama digunakan untuk berbagi informasi dan data.
ADVERTISEMENT
(NSF)