Perbedaan Telkomsel Orbit dan IndiHome

Konten dari Pengguna
25 November 2022 13:22
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perbedaan Telkomsel Orbit dan Indihome. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Perbedaan Telkomsel Orbit dan Indihome. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Sebagai perusahaan provider terbesar, Telkomsel memiliki layanan broadband rumah, yakni Telkomsel Orbit. Layanan ini serupa seperti layanan IndiHome milik perusahaan induk Telkom. Lantas apa perbedaan Telkomsel Orbit dan IndiHome?
ADVERTISEMENT
Kamu bisa mengetahui perbedaan Telkomsel Orbit dan IndiHome dari berbagai aspek, mulai dari pengertian, jangkauan, dan layanan yang diberikan dari kedua Internet Service Provider tersebut.
Untuk mengetahui lebih jauh, How To Tekno sudah merangkum perbedaan Telkomsel Orbit dan Indihome pada paparan berikut ini.

Perbedaan Telkomsel Orbit dan IndiHome

Ilustrasi Perbedaan Telkomsel Orbit dan Indihome. Foto: Telkomsel.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Telkomsel Orbit dan Indihome. Foto: Telkomsel.
Perbedaan Telkomsel Orbit dan IndiHome salah satunya bisa diketahui dari pengertian dan perangkat yang digunakan.
Berdasarkan laman Telkomsel, Telkomsel Orbit adalah layanan Internet rumah yang menggunakan perangkat modem WiFi dengan kulitas jaringan seluler. Paket data yang ditawarkan bisa digunakan tanpa perlu berlangganan.
Layanan ini hadir untuk memberikan solusi konektivitas yang lebih cerdas, cepat, dan bisa diandalkan. Jadi, layanan ini bisa menjadi solusi Internet rumah serba digital yang berbasis jaringan 4LTE dari Telkomsel.
ADVERTISEMENT
Meski sama-sama merupakan Internet rumahan, kedua produk ini memiliki sasaran pelanggan yang berbeda. Dihimpun dari laman resmi Telkomsel dan IndiHome, berikut perbedaan Telkomsel Orbit dan IndiHome yang perlu dipahami dari berbagai aspek.

Produk

Jika dilihat dari jenis produknya, Telkomsel Orbit merupakan jenis produk prabayar. Sedangkan IndiHome merupakan produk pascabayar. Artinya, untuk menikmati layanan Telkomsel Orbit, pelanggan harus membeli kuota terlebih dahulu.
Sementara untuk layanan IndiHome, kamu bisa menggunakan Internet terlebih dahulu dan melakukan pembayaran tagihan setiap bulan.

Layanan

Baik Telkomsel Orbit maupun IndiHome sama-sama memberikan layanan akses Internet rumah. Namun, kedua produk tersebut memiliki perbedaan dalam hal instalasi perangkat.
Pada Telkomsel Orbit, layanan ini menggunakan sinyal jaringan Internet seluler. Jadi, instalasi dari Telkomsel Orbit lebih mudah dan sederhana dibandingkan menggunakan IndiHome. Kamu hanya perlu membeli modem Telkomsel Orbit kemudian memasang SIM Card Telkomsel.
ADVERTISEMENT
Hal ini tentu berbeda dengan layanan IndiHome yang masih menggunakan jaringan kabel optik. Setidaknya, kamu membutuhkan teknisi untuk memasang kabel WiFi dan peralatan yang lebih banyak.

Jangkauan dan Kecepatan Jaringan

Karena Telkomsel Orbit menggunakan jaringan 4G LTE, maka selama ada sinyal 4G pengguna bisa menggunakan Telkomsel Orbit. Jaringan 4G sendiri sudah luas dan mestinya bisa menjangkau wilayah lebih besar dengan kecepatan yang besar pula.
Sementara pada layanan IndiHome, kecepatan maksimal yang didapat tergantung dari paket yang dibeli. Semakin mahal paket yang dipilih, kecepatan internet yang digunakan akan semakin cepat dengan adanya ketentuan FUP.

Harga

Jika diihat dari harganya, Telkomsel Orbit lebih terjangkau dari paket Internet IndiHome. Hanya dengan membayar Rp66 ribu, kamu bisa membeli kuota Internet Telkomsel Orbit untuk 30 hari.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk menikmati layanan IndiHome, kamu harus mengeluarkan uang lebih dari Rp200 ribu per bulannya.
Demikian perbedaan Telkomsel Orbit dan IndiHome yang perlu diketahui saat ingin membeli layanan Internet rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat.
(IPT)
Apa itu Telkomsel Orbit?
chevron-down
Apa jaringan yang digunakan Telkomsel Orbit?
chevron-down
Apa jaringan yang digunakan IndiHome?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·