PS5 Pro Kapan Rilis? Ini Jawaban Selengkapnya

Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 12:12 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi PS5 Pro. Foto: Sony
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi PS5 Pro. Foto: Sony
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sony selaku perusahaan berbasis teknologi dan inovasi senantiasa meluncurkan produk-produk terbaru. Sejak beberapa waktu lalu, Sony dikabarkan tengah mempersiapkan peluncuran model PlayStation 5 Pro (PS5 Pro).
ADVERTISEMENT
Game konsol ini mungkin menyertakan Graphics Processing Unit (GPU) yang jauh lebih bertenaga dan tiga kali lebih cepat dari model PS5 yang ada saat ini.
PS5 Pro dirumorkan akan muncul sebelum tanggal perilisan game Grand Theft Auto 6 (GTA 6) pada 2025. Lantas, kapan tepatnya PS5 Pro dirilis? Simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya.

PS5 Pro Kapan Rilis?

Ilustrasi PS5 Pro. Foto: IGN
Menurut bocoran terbaru, PS5 Pro diperkirakan akan diluncurkan sekitar musim gugur 2024. Artinya, kemungkinan besar konsol ini akan dirilis antara bulan September hingga November.
Yang perlu kita lakukan adalah menunggu pengumuman resmi terbaru dari Sony mengenai peluncuran PS5 Pro. Sebab, belum ada informasi mengenai harga PS5 Pro. Namun, dapat diasumsikan bahwa harganya akan lebih tinggi dibandingkan dengan model PS5 saat ini.
ADVERTISEMENT

Spesifikasi Baru PS5

Ilustrasi PS5 Pro. Foto: Play Verse
PS5 Pro bakal punya kemampuan rendering 45 persen lebih cepat berkat unit pemrosesan grafis (GPU) yang diperbarui. PS5 yang ada saat ini adalah konsol 10,28 teraflop. Dengan demikian, peningkatan kinerja tersebut termasuk signifikan di sisi GPU saja.
Di samping itu, PS5 Pro juga didukung teknologi pemrosesan handal untuk resolusi visual hingga 8K serta dibekali dengan fitur kecerdasan buatan.
Hal lain yang cukup menarik perhatian adalah penggunaan PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR), yakni sebuah fitur machine learning yang mendukung kualitas gambar serupa dengan DLSS Nvidia atau FSR AMD.
Perbedaan lainnya, PS5 Pro ditenagai oleh AMD dengan kualitas mendekati Radeon RX 7800 XT sebagai penopang kinerjanya. Ini berbeda dengan PS5 yang masih ditopang oleh AMD Radeon RX 6700.
ADVERTISEMENT
Storage di PS5 Pro juga dikabarkan bakal di-upgrade. PS5 Pro disebut memiliki hard drive 1 TB, naik dari 825 GB dari PS5.
Bahkan kekuatan GPU PS5 Pro diperkirakan mencapai daya 33,5 teraflops, yakni lebih tinggi 3 kali lipat dari perangkat terdahulunya.
Sebagai tambahan, kemahiran ray-tracing PS5 Pro juga bakal meningkat dua hingga empat kali lipat ketimbang PS5 biasa, dalam memainkan game.
Terlepas dari inovasi baru PS5 Pro yang ada, beberapa spesifikasi model Pro masih serupa dengan PS5. Mulai dari desain disc drive bongkar-pasang, memori berkecepatan 576 GB/s (28% lebih cepat dibandingkan dengan PS5) hingga spek‘High CPU Frequency Mode’ 3.85GHz.
(SLT)