Reset Network Windows 10 untuk Atasi Masalah Jaringan

Konten dari Pengguna
20 November 2023 9:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi reset network Windows 10. Foto: Microsoft
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi reset network Windows 10. Foto: Microsoft
ADVERTISEMENT
Reset network Windows 10 adalah salah satu cara untuk memperbaiki masalah jaringan di perangkat tersebut. Ini adalah metode terakhir bila metode lainnya tak bisa membantu mengembalikan perangkat Windows tersambung ke Internet kembali.
ADVERTISEMENT
Artikel ini akan membagikan langkah-langkah reset network Windows 10. Namun, akan dibagikan metode lainnya terlebih dahulu untuk mengatasi masalah jaringan di perangkat tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Jaringan di Windows 10

Ilustrasi reset network Windows 10. Foto: Pexels/Cottonbro-Studio.
Sebelum reset network Windows 10, ada sederet tahapan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah jaringan di Windows 10. Disadur dari support.microsoft.com, berikut metode yang bisa diikuti pengguna:

1. Perbaikan Dasar

Pengguna bisa mengikuti perbaikan dasar terlebih dahulu mulai dari mematikan WiFi yang tersambung, mengaktifkan mode pesawat dan menonaktifkan lagi, serta mengganti ke jaringan Internet lain. Apabila masih belum bisa teratasi, pengguna bisa mengikuti petunjuk lanjutan di bawah.

2. Pakai Command Prompt

Langkah pertama adalah menjalankan perintah jaringan untuk mengatur ulang tumpukan TCP/IP secara manual. Begini caranya:
ADVERTISEMENT

3. Hapus Instalan Drive Adapter

Metode selanjutnya adalah menghapus instalan drive adapter. Begini caranya:
ADVERTISEMENT

Cara Reset Network Windows 10

Ilustrasi reset network Windows 10. Foto: unsplash.com/Windows.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, reset network Windows 10 atau mengatur ulang jaringan adalah tahapan terakhir yang bisa dicoba apabila perangkat bermasalah saat harus disambungkan ke Internet.
Mengutip support.microsoft.com, mengatur ulang jaringan dapat mengatasi masalah koneksi setelah pengguna memutakhirkan dari versi Windows sebelumnya ke Windows 10. Selain itu, cara ini juga bisa membantu memperbaiki masalah saat perangkat tersambung ke Internet tapi tak bisa tersambung ke drive jaringan bersama.
Tahapan ini akan menghapus adapter jaringan yang sudah diinstal dan menghapus pengaturan yang sudah dipasang sebelumnya. Adapun cara reset network Windows 10 adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
(NSF)