Satu Tera Berapa Giga? Cek Jawabannya di Sini

Konten dari Pengguna
25 November 2022 13:14
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari How To Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Satu Tera berapa Giga? Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Satu Tera berapa Giga? Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Satu Tera berapa Giga? Pertanyaan ini sering muncul ketika seseorang ingin membeli komponen penyimpanan data seperti hard disk memori yang digunakan pada laptop atau komputer.
ADVERTISEMENT
Istilah Tera juga dijumpai dalam penyimpanan data seperti flashdisk USB dan jenis penyimpanan data lain. Adapula penyebutan seperti giga bite, petabita, dan lainnya ketika membandingkan ukuran suatu penyimpanan.
Melalui artikel ini, How to Tekno akan mengulas 1 tera berapa giga bytes lengkap dengan definisinya. Langsung saja cek paparan lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Tera dan Giga Byte?

Definisi tera dan giga. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Definisi tera dan giga. Foto: Unsplash.com
Sebelum mengetahui 1 tera berapa Giga Bytes kamu perlu memahami lebih dahulu pengertian Gigabyte dan Tera Byte.
Mengutip Minitool, Giga dan Tera merupakan salah satu jenis satuan penyimpanan yang digunakan pada komputer atau perangkat keras lainnya.
Giga merupakan satuan informasi komputer yang terdiri dari 1 miliar bita dalam sistem desimal. Satuan ini ditemukan dalam spesifikasi RAM, SSD, HDD laptop maupun PC.
ADVERTISEMENT
Gigabyte atau giga bita juga digunakan untuk kapasitas penyimpanan cloud dan perangkat keras lain seperti flash disk.
Menurut International System of Units, 1 GB mengacu pada satu miliar bita atau 10 pangkat 9 bita. Untuk itu, 1 GB setara dengan 1024 MB atau 1.048.476 KB dan 1.073.741.824 byte.
Sementara kata tera berasal dari kata Yunani yang berarti monster. Istilah ini juga dijumpai dalam kapasitas hard disk laptop dan PC modern. Lantas 1 Tera berapa Giga byte? Berikut jawabannya.

Satu Tera Berapa Giga?

Ilustrasi 1 tera berapa giga? Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 1 tera berapa giga? Foto: Unsplash.com
Dikutip dari laman Acer ID, Terabyte memiliki nilai satu triliun bita atau 10 pangkat 12 bitea. Lebih tepatnya 1 tera setara dengan 1024 GB atau 1.099.511.627.776 bita.
Biasanya dalam satu Tera pada sebuah laptop dapat menampung 130.000 foto digital, 150 jam rekaman HD, dan 472 jam video.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa Tera lebih besar jika dibandingkan dengan Giga apalagi Mega. Selain Tera masih ada satuan penyimpanan yang lebih besar, yaitu PetaByte.
Ukuran penyimpanan ini memiliki nilai yang sangat besar dan mulai banyak digunakan. Satu Peta Byte setara dengan 1024 TB atau 1 quadrilion bytes, yakni 10 pangkat 15.
Dengan kapasitas tersebut, kamu bisa menyimpan 341 juta musik format MP3 dengan durasi tiga menit atau 10 miliar foto di media sosial Facebook. Karena itu, Petabyte menjadi tingkat penyimpanan tertinggi dibandingkan gigabyte dan terabyte.
Berdasarkan laman testbook-com, agar mudah mengonversikan satuan bita yang lebih rendah, kamu bisa mengalikannya dengan angka 1.024 sedangkan jika naik dibagi 1.024.
ADVERTISEMENT
Contohnya, jika ingin menghitung 10Tera agar menjadi giga byte, 10 x 1.024 hasilnya menjadi 10.240 GB.
Demikian penjelasan 1 tera berapa GB yang bisa dipahami dalam mengukur satuan penyimpanan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!
(IPT)
Apa itu Giga dan Tera?
chevron-down
Satu Giga setara dengan berapa Mega Byte?
chevron-down
Satu PetaByte bisa digunakan untuk apa?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·