Tekno & Sains
·
1 Februari 2021 14:02

Tiga Cara Paling Mudah Screenshot di Laptop HP

Konten ini diproduksi oleh How To Tekno
Tiga Cara Paling Mudah Screenshot di Laptop HP (51536)
Laptop HP 14s. Foto: dok. HP Store
Saat ini, Screenshot sangat berguna untuk berbagai kegiatan seseorang, seperti mengambil data, memperlihatkan gambar yang sedang dikerjakan, mencari gambar untuk inspirasi desain, atau mengabadikan panggilan video di aplikasi Skype atau Zoom.
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu produsen laptop di dunia, HP terus membuat lompatan dan langkah besar untuk mengoptimalkan kenyamanan perangkatnya, salah satunya fitur screenshot.
Berikut adalah cara untuk kamu melakukan screenshot di laptop HP dimulai dari menekan tombol di keyboard sampai menggunakan aplikasi.

Cara screenshot dari jendela atau halaman yang sedang aktif

Laptop HP yang menjalankan sistem operasi Windows atau Chrome dapat mengambil screenshot melalui menekan tombol yang ada di keyboard. Tombol ini biasanya terletak di kanan atas keyboard yang ditandai dengan tulisan Print Screen atau yang disingkat PrtScn. Namun, gambar yang diambil tidak dapat langsung disimpan, melainkan disimpan ke clipboard komputer terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah screenshot menjadi file gambar yang dapat kamu simpan.
ADVERTISEMENT
  • Tekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan untuk menangkap seluruh layar. Layar Anda akan meredup sejenak untuk menunjukkan snapshot yang berhasil.
  • Buka program pengeditan gambar seperti Paint, GIMP, Photoshop, atau microsoft word
  • Buka program pengeditan gambar, lalu tekan CTRL + V untuk menempelkan tangkapan layar. Anda juga dapat mengklik kanan dan memilih Paste untuk menempelkan gambar.
  • Simpan file sebagai JPG atau PNG dengan cara menekan tombol CTRL + S dan tempatkan ke folder yang kamy inginkan

Menggunakan Snipping Tool

Untuk kamu pengguna laptop HP yang menggunakan Windows Vista, Windows 7, 8, atau 10, Snipping Tool adalah fitur yang sangat baik untuk memilih ukuran screenshot.
Semua laptop yang menggunakan Windows akan dilengkapi dengan fitur Snipping tool di dalamnya. Untuk melakukan screenshot di laptop HP dengan menggunakan alat ini, berikut adalah langkah-langkahnya
ADVERTISEMENT
  • Buka Snipping Tool di perangkat kamu
  • Pilih jenis screenshot yang ingin digunakan dengan cara menekan tombol panah di samping tulisan New
  • Klik tombol New untuk membuat screenshot baru dan seret area screenshot atau pilih jendela untuk mengambil screenshot setelah layar memudar.
  • Sebuah jendela baru akan terbuka setelah screenshot dibuat sehingga pengguna dapat menambahkan mengedit gambar terlebih dahulu sebelum disimpan.
  • Simpan gambar yang diambil dengan mengklik ikon disket atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + S secara bersamaan.

Screenshot menggunakan Snagit

Snagit adalah program yang menyediakan fitur screenshot dengan pengeditan gambar dan perekaman layar. Selain itu kamu juga dapat mengedit hasil screenshot dengan mudah menggunakan fitur pengeditan gambar yang canggih, bahkan kamu juga dapat merekam video. Berikut cara screenshot menggunakan Snagit.
ADVERTISEMENT
  • Masuk ke halaman yang ingin ada screenshot
  • Buka program Snagit, lalu tekan tombol Capture.
  • Arahkan kursor ke wilayah atau kolom gambar untuk memilih area secara otomatis, atau kamu dapat memilih area kustom dengan cara klik dan menyeret kursor sesuai gambar yang diinginkan.
  • Setelah kamu menentukan gambar atau area mana yang akan di screenshot, klik ikon kamera untuk menyimpan hasil screenshot sebagai gambar.
  • Edit gambar di program Snagit sesuai dengan selera. Dalam proses pengeditan ini kamu dapat menambahkan bentuk, teks, efek, atau membuat penyesuaian pada gambar.
  • Simpan gambar kamu atau klik tombol Share di pojok kanan atas untuk membagikannya. Melalui Snagit kamu bisa langsung membagikan hasil screenshot ke twitter, facebook, atau email.
Itulah cara screenshot di laptop HP, selamat mencoba!
ADVERTISEMENT