Humas Kampus Perlu Pahami Bagaimana Cara Menangani Krisis

Kehumasan Universitas Muhammadiyah Sorong
Konten dari Pengguna
9 Agustus 2022 13:37
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Humas Universitas Muhammadiyah Sorong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengembangan Humas Batch II Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah Se-Indonesia (Sumber Foto : Dokumen Pribadi)
zoom-in-whitePerbesar
Pengembangan Humas Batch II Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah Se-Indonesia (Sumber Foto : Dokumen Pribadi)
ADVERTISEMENT
Krisis dapat dilihat sebagai suatu situasi atau kejadian yang lebih banyak mempunyai implikasi negatif pada perusahaan atau organisasi dari pada sebaliknya. Krisis pada dasarnya merupakan sebuah situasi yang tidak terduga.
ADVERTISEMENT
Hal ini disampaikan oleh Ayub Dwi Anggoro, Ph.D., anggota Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi (APIK) PTM yang juga merupakan Dekan FISIP Unmuh Ponorogo pada Workshop Pengembangan Humas Batch II Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiyah Se-Indonesia, yang digelar di grand rohan Yogyakarta pada sabtu (6/8/22).
"Krisis bermula dari sebuah isu. Isu adalah kejadian yang berada diluar kontrol," tambahnya. Ayub menjelaskan walaupun berada diluar kontrol tetapi kita dapat memprediksi krisis apa yang akan terjadi nantinya, dan kemudian sebagai humas harus dapat merancang kegiatan-kegiatan yang kiranya dapat mengatasi krisis tersebut.
Perguruan tinggi biasanya saat krisis terjadi cenderung tertutup kepada pihak media. Hal ini menyangkut citra perguruan tinggi, padahal salah satu kunci utama dari menanggapi sebuah krisis adalah terbukanya informasi", jelas Ayub tentang krisis yang sering terjadi di perguruan tinggi.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut dijelaskan bahwa dalam menangani krisis di perguruan tinggi sebaiknya hindari beberapa kesalahan dalam krisis, seperti (1) penolakan tentang terjadinya krisis, (2) off the record dan kebohongan, (3) spekulasi, (4) dan menolak memberikan informasi yang terbuka dan komplit.
Universitas Muhammadiyah Sorong (Unamin) mengikuti workshop ini. Keikutsertaan ini dalam rangka meningkatkan kinerja kehumasan Univeristas Muhammadiyah Sorong (Unamin). Tujuannya agar dapat mencapai reputasi. Dengan reputasi kampus yang baik, maka kepercayaan publik terhadap Universitas Muhammadiyah Sorong (Unamin) semakin tinggi. (mfr)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·