Pencarian populer
USER STORY
30 April 2018 17:09 WIB
..
..
News

NPEO 2018: PoliMedia Raih Juara 1 News Casting!

Kumparan.com NPEO (National Polytechnic English Olimpiade) merupakan kompetisi lomba bahasa Inggris tingkat Politeknik Negeri dan Swasta se-Indonesia. NPEO ke-6 ini telah dilaksanakan pada 15-20 April di Politeknik Pos Indonesia, Bandung. Peserta tahun ini sebanyak 260 mahasiswa dari 54 Politeknik se-Indonesia yang terdiri dari dua jenis lomba. Lomba debat atau NPEDC (National Polytechnic English Debating Competition) dan lomba pidato atau NPSC (National Polytechnic Speech Competition) yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu public speaking, news casting, dan storytelling.

Juara 1 kategori newscast berhasil diraih oleh mahasiswi PoliMedia Jakarta, Viviani Adriel yang biasa dipanggil Vivi. Ia mengaku tak menyangka bisa menjadi juara 1 pada news casting. “Pas preliminary ada 2 jenis lomba. Radio broadcasting (penyiar radio) dan TV broadcasting (pembawa acara TV). Pas final, live report jadi kayak reporter di tempat kejadian tertentu.” Terangnya. Total peserta kategori newscast sendiri berjumlah kurang lebih 60 peserta.

“Persiapan kayaknya cuma seminggu deh, tiga harilah yang bener-bener latihan di kampus,” ujarnya yang merupakan mahasiswi semester 6 Prodi Penerbitan. “Terus ya persiapan lomba via rekaman suara aja dan sering-sering nonton news anchor di Youtube.” lanjutnya.

Vivi yang sebelumnya pernah mengikuti NPEO, mengaku kesulitan menyesuaikan penampilan. “Tahun lalu ikut debate, tantangannya karena style newscast beda banget sama debate. Susah banget untuk peduli sama penampilan, baju harus rapi, representatif, dan lain-lain. Muka dan rambut juga perlu rapi. Terus juga susah banget untuk dandan pagi-pagi demi persiapan lomba,”Ungkapnya.

Vivi berharap PoliMedia bisa mengirimkan tim debat dan meningkatkan prestasinya pada NPEO selanjutnya. “Coba aja dulu, gausah fokus menang atau kalah, pokoknya enjoy the performance.” Pesannya. “The enjoyment itself is already an achievement. Quoted from Mr. Ari, Dosen Kajian Sastra Unpad.” Tambahnya.

PoliMedia sendiri tahun ini mengirimkan enam orang; 2 newscast, 2 speech, 2 storytelling, dan 2 orang (1 newscast dan 1 storytelling) pada PSSD Medan, dan juga PSDD Makassar mengirimkan 2 orang pada kategori speech dan storytelling. Mengutip dari JabarTribunNews.com, juara pertama pada kategori debat NPEO patut berbangga. Nantinya juara pertama akan diikutsertakan dalam lomba debat tingkat internasional, yaitu NUDC (National Universities Debating Championship) di Cape Town, Afrika Selatan.

Jurnalis: Reza Aprinia

Editor: Dinda Ayu Wardhany

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: