Peran Perpustakaan di Era Pandemi Covid-19

Pustakawan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Konten dari Pengguna
7 Januari 2023 15:49
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hurin Anindia Aghnia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ruang baca Perpustakaan Nasional RI. Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Ruang baca Perpustakaan Nasional RI. Dokumentasi Pribadi
Pandemi COVID-19 yang sedang terjadi saat ini telah berdampak besar pada kehidupan sehari-hari orang di seluruh dunia. Salah satu yang terpukul adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah, kampus-kampus, dan lembaga-lembaga lainnya. Berbagai kebijakan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus, salah satunya dengan memberlakukan pembelajaran jarak jauh atau daring.
Perpustakaan merupakan salah satu lembaga yang juga terpengaruh oleh pandemi ini. Sebelum pandemi, perpustakaan merupakan tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk memperoleh informasi, membaca buku, mengerjakan tugas, dan lain-lain. Namun, kini perpustakaan harus menutup pintu untuk mencegah penyebaran virus.
Meskipun demikian, peran perpustakaan di era pandemi ini tidak terbatas hanya pada tempat membaca saja. Perpustakaan masih tetap dapat memberikan manfaat bagi masyarakat meskipun dengan cara yang berbeda. Berikut beberapa peran perpustakaan di era pandemi COVID-19:
1. Tempat memperoleh informasi yang valid
Di era digital seperti sekarang ini, informasi bisa dengan mudah didapatkan dari berbagai sumber. Namun, tidak semua informasi yang beredar di internet merupakan informasi yang valid dan dapat dipercaya. Perpustakaan tetap dapat memberikan informasi yang valid dan terpercaya kepada masyarakat, baik melalui layanan daring maupun melalui pustakawan yang siap memberikan bantuan.
2. Tempat mencari bahan belajar
Pembelajaran jarak jauh atau daring membutuhkan bahan belajar yang dapat diakses oleh siswa. Perpustakaan dapat memberikan akses kepada bahan belajar digital seperti e-book, jurnal, dan lain-lain yang dapat diakses secara online. Selain itu, perpustakaan juga dapat memberikan bantuan kepada siswa dalam mencari bahan belajar yang
dibutuhkan.
3. Tempat berkomunikasi dan berdiskusi
Perpustakaan dapat menyediakan fasilitas komunikasi dan diskusi secara online bagi masyarakat yang ingin saling bertukar pikiran dan berdiskusi tentang berbagai topik. Ini bisa dilakukan melalui forum online, kelas online, atau kelompok diskusi di media sosial. Perpustakaan juga dapat menyediakan akses terhadap sumber informasi yang berkualitas dan terpercaya, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang valid sebelum berdiskusi. Selain itu, perpustakaan juga dapat menyediakan moderatoren untuk membantu menjaga kualitas diskusi dan memastikan agar tetap berlangsung secara konstruktif.
4. Membantu masyarakat mengelola waktu.
Perpustakaan dapat membantu masyarakat dalam mengelola waktu dengan menyediakan akses terhadap sumber informasi yang berkualitas. Masyarakat dapat mengakses informasi yang dimiliki perpustakaan sehingga dapat membantu mereka dalam mencari informasi yang diperlukan dengan cepat dan efisien. Dengan demikian, perpustakaan dapat membantu masyarakat untuk mengelola waktu mereka dengan lebih efektif dan efisien, sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas dan kegiatan dengan lebih cepat.
5. Layanan konsultasi daring
Layanan konsultasi daring perpustakaan adalah layanan yang disediakan oleh perpustakaan yang memungkinkan masyarakat untuk mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan untuk mencari informasi atau sumber belajar secara online. Layanan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tidak dapat datang ke perpustakaan secara langsung, misalnya karena pandemi atau karena tidak memiliki waktu. Masyarakat dapat mengajukan pertanyaan atau meminta bantuan dengan menghubungi perpustakaan melalui email, telepon, atau melalui aplikasi chatting yang telah disediakan oleh perpustakaan. Para pustakawan kemudian akan memberikan jawaban atau bantuan yang diperlukan sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.
Pada era pandemi Covid-19, peran perpustakaan menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Perpustakaan memainkan peran penting dalam memberikan akses kepada sumber informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama selama masa-masa sulit ini. Selama pandemi, perpustakaan telah menyesuaikan layanannya dengan memberikan akses kepada koleksi digitalnya, serta memberikan layanan pemesanan buku secara online. Dengan demikian, masyarakat masih dapat mengakses sumber informasi yang diperlukan, tanpa harus datang ke perpustakaan secara fisik.
Perpustakaan juga telah mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat diikuti secara online, seperti kelas bahasa, kelas menulis, dan lain-lain. Hal ini membantu masyarakat untuk tetap produktif dan terhubung dengan dunia luar, meskipun harus berada di rumah selama pandemi. Selain itu, perpustakaan juga memainkan peran penting dalam membantu masyarakat yang kurang memiliki akses ke teknologi atau sumber informasi lainnya. Perpustakaan dapat memberikan akses kepada komputer dan internet, serta membantu masyarakat dalam mencari informasi yang diperlukan.
Dengan demikian, peran perpustakaan dalam era pandemi Covid-19 sangat penting untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi selama masa-masa sulit ini. Perpustakaan terus memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat, serta terus beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk memberikan akses kepada sumber informasi yang dibutuhkan.